Perluas Lahan Tebu, PTPN X Jalin Kerjasama dengan Kejati Jatim

Selasa, 22 September 2020 - 14:36 WIB
loading...
Perluas Lahan Tebu, PTPN X Jalin Kerjasama dengan Kejati Jatim
Kerjasama ini akan menambah jumlah luasan lahan dari PTPN X. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Perkebunan Nusantara (PTPN) X terus berupaya melakukan perluasan lahan tebu. Hal itu untuk menjaga pasok tebu yang cenderung kian berkurang. Salah satunya melalui kerjasama sewa lahan milik Kejaksaan Agung yang berlokasi di Jawa Timur.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian sewa oleh Direktur PTPN X, Aris Toharisman dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Mohamad Do&r, Senin (21/9). Lahan yang disewa seluas 47 Ha berlokasi di Desa Gading dan Desa Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto. (Baca: Investasi Pabrik Gula Bakal Manis Jika Bergandengan dengan Kebun Tebu )

Kerjasama sewa lahan ini berlangsung selama lima tahun hingga 20 September 2025. Nantinya, lahan ini akan ditanam tebu yang pengelolaanya ditangani langsung oleh Pabrik Gula (PG) Gempolkrep. PTPN X menargetkan mampu memproduksi 3.384 ton setiap kali masa panen, yang nantinya akan digilingkan di PG Gempolkrep.

“Adanya kerjasama ini tentunya akan menambah jumlah luasan lahan dari PTPN X, yang akan berdampak pada peningkatan ketersediaan tebu giling untuk PG PTPN X,” terang Aris Toharisman.

Aris optimis bahwa target-target on farm pada lahan ini akan tercapai. Tercapainya target tersebut juga akan meningkatkan target produksi PG Gempolkrep. Ini juga didukung dengan evaluasi dan perbaikan pabrik yang kontinyu guna menekan losses dan meningkatkan e&siensi proses. (Baca: Proses Giling Mulai Juni PTPN Targetkan Produksi 30.0000 Ton Gula )

Sebelumnya, sejak 2016 PTPN X juga telah menjalin kerjasama dengan Perhutani untuk program Agroforestry, dimana hingga saat ini area Perhutani yang sedang dikelola mencapai 724 Ha, tersebar di KPH Mojokerto, KPH Bojonegoro, dan KPH Jombang. Ke depannya, PTPN X akan terus meningkatkan kerjasama dengan beberapa pihak guna memperluas area tebu.

Aris juga mengharapkan agar seluruh perusahaan gula di Jawa Timur terus mengembangkan area tebu, mengingat tren penyusutan area terus berlangsung yang kemudian akan berdampak terhadap berkurangnya produksi gula di Jawa Timur.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)