Bedah Buku Kesehatan Dosen Tel-U, Ini Manfaat Tumbuh-tumbuhan Indonesia

Selasa, 22 September 2020 - 11:08 WIB
loading...
Bedah Buku Kesehatan Dosen Tel-U, Ini Manfaat Tumbuh-tumbuhan Indonesia
Bedah Buku Kesehatan Dosen Tel-U, Ini Manfaat Tumbuh-tumbuhan Indonesia. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Indonesia memiliki banyak tumbuhan yang memiliki khasiat untuk pengobatan sehingga sangat penting mengetahui dan mengenal makanan yang termasuk kelompok baik, benar, dan menyehatkan (BBM) bagi tubuh.

Berbagai kelebihan tumbuhnya Indonesia, dikupas tuntas pada bedah buku "Holistic Health For Better Life" karya Dr. Hendratno terbitan Merpati Putih cabang Bandung Kelompok Latihan Kebugaran Bandung. Bedah buku digelar secara daring.

Menurut Hendratno, apel termasuk salah satu buah yang termasuk kelompok BBM. Akan tetapi, kandungan yang diberikan kepada tubuh akan berbeda manfaatnya, tergantung cara pengolahan.

Jika makan apel langsung disertai minum madu 30 ml maka akan menjadi minuman berenergi. Jika apel difermentasi lalu dicampur madu 30 ml maka jadi minuman bergizi.

Apelnya dibuat kripik dan minum madu 30 ml maka jadi makanan bervitamin. Begitupun jika apel diparut dicampur madu 30 ml akan jadi makanan berkhasiat anti kanker.

Hendratno, yang juga dosen Telkom University ini melanjutkan, makanan lain yang baik saat ini adalah kunyit, jahe, kencur, dan temulawak (KJKT). Di mana harga komoditas ini justru melonjak saat virus Covid-19.

Menariknya, merujuk ajaran salah satu perguruan silat tertua di Indonesia ini, kandungan tersebut baik disatukan dengan petai dan jengkol yang selama ini identik tidak menyehatkan.

"KJKT serta petai dan jengkol disatukan lalu direndam air dan garam atau air dan perasan kulit jeruk. Bisa juga cukup direndam air panas 40 derajat celcius yang penting jangan sampai warna kulit petai dan jengkol berubah. Dosis ramuannya berbeda untuk pengobatan aneka penyakit," sambungnya.

Dia mencontohkan, pengobatan untuk virus influenza dan sejenisnya, maka mesti mencampurkan KJKT berdosis 5ml:3ml:5ml:7ml dicampur air petai 5 ml dan air jengkol 7 ml ditambah madu 30 ml untuk diminum sehari sekali.

Dosis yang mirip-mirip juga disebutnya bisa digunakan untuk pencegahan sekaligus pengobatan virus Metapneumovirus hingga Corona.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)