Selama Pancaroba, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Selasa, 22 September 2020 - 10:24 WIB
loading...
Selama Pancaroba, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
BANDUNG - Masyarakat diminta mewaspadai potensi cuaca ekstrem memasuki musim pancaroba berpotensi menimbulkan hujan lebat dengan intensitas tinggi yang dikhawatirkan akan menyebabkan banjir bandang.

Seperti halnya pada 21 September 2020, telah terjadi banjir bandang di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi yang diakibatkan oleh kejadian hujan lebat.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode 4 jam (15.00-19.00 WIB) teramati di Citeko.

"Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin (konvergensi). Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat," papar dia.

Menurut dia, BMKG sebenarnya telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu 3 jam-an untuk wilayah Jawa Barat. Terutama sebelum terjadinya banjir bandang pada tanggal 21 September 2020 sebanyak 5 kali mulai dari jam 13.45 hingga 22.50 WIB.

Potensi hujan lebat yang terjadi pada siang atau sore di wilayah Bogor tersebut, kata dia, secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi luapan air di sekitar daerah aliran sungai Ciliwung. Sehingga masyarakat dihimbau untuk mewaspadai potensi genangan.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Di mana diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-November 2020. (Baca juga: Awas Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Wilayah Jabar)

Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es. (Baca juga: Merasa Dirugikan Aplikator, Komunitas Driver Online Layangkan Surat Terbuka ke DPRD Jabar)

BMKG memprediksikan dalam periode sepekan kedepan, hujan dengan intensitas lebat akan terjadi di Jabar.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)