Ridwan Kamil Buka Jasa Endorse Produk UMKM se-Indonesia Gratis, Ini Syaratnya

Minggu, 20 September 2020 - 10:21 WIB
loading...
Ridwan Kamil Buka Jasa Endorse Produk UMKM se-Indonesia Gratis, Ini Syaratnya
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil membuka jasa endorse gratis untuk para pelaku UMKM se-Indonesia. Foto/Dok.Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka jasa endorse bagi produk UMKM. Dengan jutaan pengikut di media sosialnya, peluang ini tentunya sayang jika dilewatkan, apalagi tanpa harus membayar alias gratis.

Bahkan, peluang ini tidak hanya diperuntukkan bagi para pelaku UMKM di Provinsi Jabar, melainkan se-Indonesia.

Tidak hanya itu, gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu pun menawarkan keahliannya mendesain produk dalam rangka mendukung kebangkitan UMKM pascaterdampak pandemi COVID-19.

"Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya endorse. Dengan 20 juta follower (di media sosial) saya bisa membantu mempromosikan," ujar Kang Emil dalam keterangan resminya, Minggu (20/9/2020).

Bagi para pelaku UMKM yang ingin produknya dipromosikan Kang Emil, syaratnya pun mudah, yakni Kang Emil turut serta dalam proses mendesain produk, agar terjalin ikatan emosional dengan produk yang dipromosikannnya. Kolaborasi desain produk dipilih berbekal latar belakangnya sebagai seorang arsitek.

"Ini beyond marketing. Jadi, selain memasarkan juga menjadi desainer. Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar. Jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran saya kepada semua yang mau produknya saya endorse, syaratnya kita kolaborasi," jelasnya.

Bagi para pelaku UMKM se-Indonesia yang berminat mendapat dukungan desain dari Kang Emil bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung untuk selanjutnya dikurasi dan dipilih.

"Mungkin tidak bisa semua (terpilih), tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya. Dan ini untuk pelaku UMKM di Jabar dan se-Indonesia, tapi prioritas untuk UMKM di Jabar. Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK," katanya.

Tawaran tersebut juga telah disampaikan Kang Emil saat memberikan sambutan di acara "Marketeers Festival 2020" melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/2020) kemarin. (Baca juga: Bogor Zona Merah, Bima Arya Gencar Sidak Warga)

Dalam acara tersebut, Kang Emil menjelaskan, untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi, pelaku UMKM, khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa hal, contohnya bantuan akses modal bank bjb.

Menurutnya, pemerintah pusat telah menyimpan dana sebesar Rp2 triliun di bank bjb untuk membantu memulihkan sektor UMKM Jabar. (Baca juga: Bantu Warga Terdampak COVID-19, Perusahaan Berjangka Ini Gowes Sambil Berbagi)

Selain itu, UMKM bisa bangkit dengan dukungan terhadap ekosistem, baik dari sisi pemasaran maupun kualitas produk, termasuk peningkatan kualitas dari segi desain produk.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)