Kalbar Kirim Puluhan Napi Narkotika ke Nusakambangan

Jum'at, 18 September 2020 - 15:43 WIB
loading...
Kalbar Kirim Puluhan Napi Narkotika ke Nusakambangan
Kalbar Kirim Puluhan Napi Narkotika ke Nusakambangan. Foto/iNewsTV/Uun Yuniar
A A A
PONTIANAK - Sebanyak 43 narapidana yang merupakan bandar narkotika di Kalimantan Barat dipindahkan ke Pulau Nusakambangan , Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam proses pemindahan ini, seluruh narapidana diterbangkan menggunakan pesawat Hercules dari Bandara International Supadio Pontianak menuju Bandara Yogyakarta. (Baca juga: Bandar Narkoba asal China Dikabarkan Kabur dari Lapas Tangerang )

Dalam proses pemindahan bandar narkoba ini, Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat telah berkoordinasi dan bersinergi dengan Brimob sebagai satuan pengaman dan Danlanud yang memfasilitasi dalam pengangkutan warga binaan ini ke Nusakambangan. (Baca juga: 37 Bandar Narkoba Napi Lapas Banceuy Dipindahkan ke Nusakambangan )

Seluruh narapidana dikawal setidaknya 24 personel dari Satuan Brimob Polda Kalimantan Barat dan didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar, Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak dan Kepala Rutan Mempawah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat Pramella Yunidar Pasaribu mengatakan, proses pemindahan ini sesuai dengan perintah Dirjenpas yang mengacu pada instruksi hasil rapat kerja pada 29 Juni 2020 lalu.

Ada pun 43 narapidana kasus narkotika tersebut berasal dari Lapas Pontianak sebanyak 26 orang, Rutan Pontianak sebanyak 12 orang, dan Rutan Mempawah sebanyak 5 orang.

Sementara dari hukuman jika dirinci berdasarkan pidananya terdiri atas seumur hidup sebanyak 16 orang, pidana mati sebanyak 8 orang, dan pidana penjara sementara sebanyak 19 orang.

Narapidana narkotika asal Kalimantan Barat tersebut akan disebar ke tiga lapas di Pulau Nusakambangan, yakni Lapas Karanganyar sebanyak 23 orang. Lapas besi sebanyak 10 orang dan Lapas Narkotika sebanyak 10 orang.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)