Zamedia Lahirkan Inovasi Aplikasi Multimedia Digital Berbasis Android

Senin, 14 September 2020 - 16:14 WIB
loading...
Zamedia Lahirkan Inovasi Aplikasi Multimedia Digital Berbasis Android
Founder sekaligus CEO Zamedia Ayi Koswara di ruang kerjanya. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pandemi COVID-19 membawa revolusi baru yang memaksa manusia, mau tidak mau melakukan penyesuaian. Terkait kondisi itu dan untuk mendukung program pemerintah di era new normal, Zamedia melahirkan inovasi multimedia digital berbasis Android untuk membangun sumber daya manusia (SDM) mandiri dan kreatif.

Zamedia menelurkan inovasi digital, Flex Edu, Flex Travel, Flex Unity, Flex Gov, Flex Campaign, Smart Santri dan Smart RW. Aplikasi ini mendukung semua kegiatan saat new normal di tengah pandemi COVID-19. (BACA JUGA: 4 Daerah di Jabar Zona Merah COVID-19, Salah Satunya Kota Cimahi )

Sosok di belakang lahirnya aplikasi-aplikasi tersebut adalah founder atau pendiri sekaligus CEO Zamedia Ir Ayi Koswara. (BACA JUGA: Syekh Ali Jaber Ditikam, Jabar Tingkatkan Kesiagaan dan Kewaspadaan )

Ayi mengatakan, work from home (kerja dari rumah), study from home (belajar dari rumah), dan stay at home (tetap berada di rumah) menjadi kata-kata tak asing lagi bagi masyarakat. (BACA JUGA: 3 Bersaudara di Kroya Indramayu Depresi Berat Kerap Mengamuk, Warga Resah )

Kebutuhan akses internet dan berbagai aplikasi daring, kata Ayi, meningkat tajam untuk menunjang kegiatan bekerja serta belajar dari rumah.

Menyikapi kondisi, tren, dan kebutuhan ke depan, kata Ayi, Zamedia sebagai perusahaan penyedia aplikasi berbasis digital melihat ini sebagai peluang untuk melebarkan bisnisnya.

Berbagai aplikasi telah disiapkan untuk mendukung produktivitas masyarakat dan tetap aman dari rumah. "Aplikasi tersebut meliputi FlexLive yang terdiri atas, Flex Edu, Flex Travel, Flex Unity, Flex Gov, Flex Campaign, Smart Santri, dan Smart RW. Itu sederet aplikasi karya anak bangsa yang telah disiapkan bagi masyarakat untuk mengarungi era new normal," kata Ayi, Senin (14/9/2020).

“Kami menyiapkan aplikasi tersebut jauh sebelum pandemi COVID-19 karena kami melihat trendnya ke arah sana, di mana industri 4.0 sudah masuk ke setiap lini kehidupan,” ujar dia.

Flex Edu, ujar Ayi, adalah aplikasi edukasi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa. Dalam aplikasi ini, didukung berbagai fitur penunjang kegiatan belajar mengajar lainnya, seperti absensi, nilai akademik, jadwal pelajaran, mata kuliah, ruang tanya jawab dan lain-lain. "Flex Edu berbasis multimedia interactive," tutur Ayi.

Ayi mengungkapkan, Flex Travel adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu pengelola biro perjalanan haji, umrah, dan wisata memberikan kemudahan bagi calon jamaah atau traveler mengakses berbagai informasi seputar penyelenggaraan dan tata cara ibadah haji dan umroh.

"Dalam aplikasi ini juga tersedia video sharing lokasi belanja atau oleh oleh favorit, serta spot-spot yang paling banyak dikunjungi wisatawan, jamaah bisa mengakses secara live streaming mekah dan madinah," ungkap Ayi.

Sedangkan Flex Unity, kata Ayi, merupakan aplikasi bagi komunitas seperti, fans klab sepak bola, automotif, olahraga, dan lain sebagainya. Flex Unity memberikan pengalaman digital berupa fitur pendukung kegiatan komunitas dan hiburan yang dapat dinikmati seluruh anggota komunitas tersebut.

Ayi mengungkapkan, Zamedia juga melahirkan aplikasi Flex Gov yang memberikan solusi dan layanan untuk mempermudah peran pelaksana pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Fitur dalam Flex Gov dapat dikembangkan sesuai permintaan dan kebutuhan aparatur pemerintahan dan dikemas secara multimedia interactive.

"Untuk mendukung program pemerintah untuk membangun ekonomi kerakyatan di tingkat kecamatan dan mencetak usahawan dari lingkungan pondok pesantren, Zamedia melahirkan aplikasi Smart RW dan Smart Santri," ungkap dia.

Fitur di dalam Smart RW dan Smart Santri, ujar Ayi, dapat diselaraskan dengan kebutuhan perangkat RW untuk mejalankan fungsi pelayanan di wilayah masing-masing. Begitu juga para santri untuk membangun ekonomi kerakyatan di lingkungan pesantren.

"Aplikasi ini juga diperkaya dengan konten edutainment yang tentu sejalan dengan program pemerintah pusat dan daerah guna mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Ayi.

Zamedia, tandas Ayi, telah siapkan aplikasi paling anyar, yaitu Flex Campaign untuk Pilkada Serentak 2020. Dengan aplikasi ini para calon pemimpin daerah tetap dapat menjalin komunikasi dan menyalurkan aspirasi kepada simpatisan yang menjadi target raihan suara tanpa melanggar protokol kesehatan COVID-19.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)