Ribuan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir

Kamis, 10 September 2020 - 10:30 WIB
loading...
Ribuan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir
Hujan deras dengan waktu yang cukup lama membuat Kota Padang terendam banjir. (Foto/SINDOnews/Rus Akbar)
A A A
PADANG - Herniwati (57) warga RT 03/RW 03, Kelurahan Jundul Rawang, Kecamatan Padang, Kota Padang , Sumatera Barat berwajah murung ketika air banjir menggenani rumahnya.

Hampir semua peralatan alat rumah tangga mulai mesin cuci, kulkas, ponsel serta pakaian lainnya ikut terendam setinggi sekitar 50 sentimeter.

Banjir terjadi sejak Rabu malam (9/9/2020) sampai Kamis pagi (10/0/2020) ini. Dia tahu banjir setelah cucunya membangunnya dari tidur sekira jam 04.00 WIB dini hari tadi. “Saya terbangun itu setelah cucuku membangunkanku, saat itu kasur yang kutiduri sudah terapung terkena banjir,” tuturnya.

Puncak bajir itu tersebut terjadi sekira pukul 04.00 WIB, air sudah masuk dalam rumah sekira 50 sentimeter, kalau bagian luar rumah ini sudah dalam. “Ini banjir besar dari sebelumnya kalaupun banjir rumah saya hanya sedikit yang kena,” tuturnya. (BACA JUGA: Ayah Tega Merudapaksa Anak Gadisnya, Abang Kandung Tak Kalah Bejadnya)
Ribuan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir

Sementara dari pantauan beberapa rumah di kawasan Jondul Rawang tersebut sudah menggenangi rumah warga hamper menyentuh pintu jendela. Sebagian warga ada yang memilih bertahan di rumah menyelamatkan barang-barangnya.

Tim gabungan, TNI, Polri, Basarnas, BPBD Kota Padang, PMI menyiapkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang mau keluar rumah.

Sedangkan laporan sementara dari BPBD Kota Padang sekira pukul 05.00 WIB, informasi yang dihimpun dari masyarakat melalui radio komunikasi dan telpon serta pengamatan secara visual oleh Pusdalops PB dan Jajaran BPBD Kota Padang didapat informasi sebagai berikut

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang sejak pukul 00.30 WIB.

Informasi Genangan Air Terdapat di beberapa titik , Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Perumahan Bungus Jurai Permai, Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Teluk Kabung. Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan. Simpang 6 Pondok, Kecamatan Padang Selatan, genangan air setinggi betis atau sekitar 40 cm. (BACA JUGA: Diguyur Hujan, Ribuan Rumah Warga di Medan Utara Terendam Banjir)

Ribuan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir


Parak Rumbio, Kecamatan Padang Selatan, genangan air setinggi lutut (50 cm), Jalan Batuang Taba Kelurahan Arai Pinang genangan setinggi 50 cm, Jalan By Pass Simpang 4 Lubeg genangan air setinggi 40 cm.

Skep dekat Kantor Koramil Mata Air ketinggian air mencapai 80 cm. Banuaran belakang Mesjid Muhalimin RT 02 genangan air memasuki rumah warga.

Sementara pohon tumbang juga terjadi tadi malam di Jala Baru arah ke Pantai Air Manis dan RT 01 RW 02 Air Manis, Kecamatan Padang Selatan. Longsor juga terjadi longsor di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung putus total. Kemudian di jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis. Sampai berita ini ditulis belum ada laporan korban jiwa.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)