Petani Gaharu di Bangka Tengah Terus Meningkat

Rabu, 02 September 2020 - 13:41 WIB
loading...
Petani Gaharu di Bangka Tengah Terus Meningkat
Harga jual gaharu saat ini sangat menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah. (Foto/Inews TV/Rachmat K)
A A A
BANGKA TENGAH - Harga jual gaharu saat ini sangat menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Jumlah petani gaharu di Kabupaten Bangka Tengah dan jumlah populasi pohon gaharu semakin berkembang.

Seperti yang ada di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, setidaknya lebih dari 800.000 pohon telah tertanam dan siap panen.

Salah satu petani gaharu, Suprapto mengungkapkan jika Kabupaten Bangka Tengah sangat cocok untuk dikembangkan gaharu. (BACA JUGA: Giliaran PPP dan Nasdem Dukung Bobby Nasution)

"Dalam beberapa tahun terakhir ini kita sudah berhasil menanam gaharu dengan kualitas baik. Perawatanya juga tidak terlalu sulit, dan untuk proses penyuntikan atau inokulan gaharu sudah kita lakukan mandiri setelah sebelumnya dilakukan pendampingan dari dinas terkait," ujarnya, Rabu (02/09/2020).

Lebih lanjut diungkapkanya, terkait penjualan gaharu, pemerintah daerah telah membantu pemasaranya, terlebih Kabupaten Bangka Tengah saat ini menjadi daerah klaster gaharu di Indonesia. (BACA JUGA: Melawan Khabib Sulit Terwujud, Georges-St-Pierre Merasa Sedih)

"Selama ini terkait penjualan tidak susah, terlebuh pemerintah daerah juga membatu pemasaran dari petani gaharu yang ada di sini," terangnya.

Selain itu, untuk pembibitan dan pendampingan petani dalam proses inokulan gaharu, telah didukung penuh pemerintah daerah sehingga dalam pengembanganya tidak sulit.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)