Manfaatkan Motor Listrik, Mesin Ini Mampu Percepat Produksi Kue

Rabu, 02 September 2020 - 08:33 WIB
loading...
Manfaatkan Motor Listrik, Mesin Ini Mampu Percepat Produksi Kue
Rohmansyah Akhirun Nian, dan Hendry Ronaldo, bersama inovasi alat pengaduk adonan kue di Untag Surabaya, Selasa (1/9/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi COVID-19, dan semakin sempitnya lowongan kerja, membuat sebagian orang memilih untuk membangun usaha mandiri.

(Baca juga: Demi Bisa Belajar Daring Gadis SMP Harus Kehilangan Keperawannya )

Alhasil, UMKM juga kian tumbuh subur ditengah persaingan industri yang semakin ketat. Apalagi adanya kebijakan dari pemerintah yang melonggarkan suku bunga bagi para pelaku UMKM untuk mengajukan kredit di perbankan.

Salah satu UMKM yang tumbuh, yakni industri roti rumahan yang kini produknya banyak dijumpai disejumlah warkop dan toko online dengan harga cukup terjangkau. Namun sayangnya masih sedikit mesin pengolah yang harganya bersahabat bagi kantong pelaku UMKM tersebut. Di sisi lain, masih banyak industri kue rumahan yang masih menggunakan alat manual sehingga proses pembuatan kue memakan waktu yang cukup lama.

Menjawab hal itu, Rohmansyah Akhirun Ni’an dan Hendry Ronaldo akhirnya membuat inovasi alat pengaduk adonan kue yang bekerja lebih efisien guna membantu produsen kue rumahan. Mahasiswa program studi Teknologi Manufaktur, Fakultas Vokasi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya ini merancang mesin sederhana yang mudah dipindah-pindah tempat.

(Baca juga: Hendak Ambil Motor, Pria Medan Labuhan Dibacok Puluhan Pemuda )

Rohmansyah mengatakan, inovasi nya memang bukan tergolong mesin baru melainkan hanya meredesain. Namun karya tugas akhirnya ini mampu memaksimalkan produksi. Keduanya memanfaatkan mesin skala rumahan dengan komponen-komponen sederhana dengan harga terjangkau untuk rumah tangga. "Jadi kami mencoba membuat alat serbaguna yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat," katanya.

Pada rancang bangun mesinnya, keduanya menggunakan motor listrik sebesar 1/2 Hp dengan kecepatan 1400 Rpm. Mesin ini menggunakan 2 buah pulley berukuran 2,5 incin dan 14 inci, V-belt berukuran A-54, poros berukuran 20 mm, serta 2 buah bantalan bearing berukuran diameter dalam 20 mm. "Umur bantalan diketahui yaitu 388,8 jam kerja. Sedangkan tangki adonan dibuat paten agar tidak terjadi pergesaran antara wadah dengan poros," ujarnya.

(Baca juga: Juragan Barang Bekas Tewas Dibunuh Mantan Karyawannya )

Rohmansyah menjelaskan, bahwa mesin inovasi nya mampu memaksimalkan produksi karena diameter wadah adonan, kecepatan pengadukan dan waktu pengadukan yang cukup singkat. Dengan kapasitas 5 kg bisa diselesaikan dalam waktu 25 menit.

Keunggulan lainnya adalah sistem transmisi menggunakan pulley dan V-belt dan sudah diteliti kerangka mesin dan sambungan las. "Kami berharap produksi industri kue rumahan mampu bersaing dengan produsen kue industri besar," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)