37 Makam di TPU Cikutra Dipastikan Terdampak Longsor

Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:40 WIB
loading...
37 Makam di TPU Cikutra Dipastikan Terdampak Longsor
Petugas Diskar PB Kota Bandung mengevakuasi satu jenazah dari TPU Cikutra yang hanyut terbawa arus Sungai Cidurian. Foto/Diskar PB Kota Bandung
A A A
BANDUNG - Petugas Pemerintah Kecamatan Cibeunying Kaler dan UPT Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang Kota Bandung memastikan, jumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, yang terdampak longsor pada Jumat 1 Mei 2020 malam, sebanyak 37 buah.

Sebagian makam yang berada di tepi sempadan Sungai Cidurian yang tersapu arus air. Bahkan ada jenazah yang hanyut di sungai tersebut. (BACA JUGA: Hujan Deras Rusak 24 Makam di TPU Cikutra, Ada Jasad Hanyut di Sungai Cidurian )

Camat Cibeunying Kaler Suardi mengatakan, kepastian data itu setelah petugas melakukan pendataaan dan pengecekan lebih saksama. "Sebanyak 37 makam yang terdampak di antaranya tertimbun longsor, tergerus aliran sungai, dan belasan lainnya terancam longsor," kata Suardi, Sabtu (2/5/2020).

Saat ini, ujar Camat Cibeunying Kaler, beberapa jenazah sudah dievakuasi, termasuk yang hanyut terseret arus sungai. "Cuma jenazah yang hanyut itu jadi tidak berindentitas karena kami tidak tahu jenazah itu dari makam yang mana," ujar dia.

Suardi menuturkan longsor terjadi akibat hujan deras pada Jumat malam. Arus air Sungai Cidurian sangat deras mengikis kirmir atau sempadan sungai yang di atasnya terdapat sejumlah makam.

"Makam yang terdampak oleh longsor ini berada di blok E dan F. Untuk jenazah yang sudah dievakuasi, kita makamkan di blok G, seluruhnya," tutur Suardi.

Sebelumnya,Kepala UPT Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Sumpena mengatakan, terdapat 29 makam yang terdampak longsor dan tergerus air sungai. Sebanyak 14 makam di antaranya rusak berat.

"Ada yang masih dicari (janazahnya). Yang sudah ditemukan tiga (jenazah). Sementara yang harus segera dipindahkan ada 15 makam, karena kondisinya mengkhawatirkan, harus segera kami antisipasi," kata Sumpena.

Sementara itu, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melaporkan, telah mengevakuasi satu jenazah yang hanyut di Sungai Cidurian, Sebtu (2/5/2020).

Jenazah tersebut ditemukan warga tersangkut di aliran air, tepatnya Jalan Cikutra Gang Pelita 1 Rt 03/02, Kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeunying kidul, Kota Bandung yang berjarak beberapa kilometer dari TPU Cikutra.

Jenazah tersebut diduga kuat merupakan jasad yang hanyut terbawa arus air Sungai Cidurian setelah kawasan TPU Cikutra dilanda tanah longsor.

Untuk mengekuasi jenazah tersebut, petugas Diskar PB Kota Bandung mengenakan alat pelindung diri (APD). Setelah dievakuasi, jenazah tersebut dibawa ke RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menggunakan ambulans PMI Kota Bandung.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)