Pakai Hagglunds dan Helikopter, PMI Distribusikan Bantuan hingga Pelosok

Kamis, 09 Januari 2020 - 21:12 WIB
Pakai Hagglunds dan Helikopter, PMI Distribusikan Bantuan hingga Pelosok
Pakai Hagglunds dan Helikopter, PMI Distribusikan Bantuan hingga Pelosok
A A A
SERANG - Palang Merah Indonesia (PMI) terus hadir di lokasi bencana di Kabupaten Lebak, Banten. Selain menurunkan ratusan relawan, PMI juga menurunkan kendaraan amfibi hagglunds dan helikopter untuk mengevakuasi serta mendistribusikan bantuan ke pelosok kampung yang sulit diakses kendaraan biasa.

Tugas relawan PMI pun semakin berat saat melakukan evakuasi dan distribusi bantuan di Kampung Susukan dan Kampung Bolang, Desa Bungurmekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Dari dua Kampung tersebut, terpaksa harus melewati perahu yang dibuat oleh warga setempat.

“Hagglunds mulai beroperasi, yang sebelumnya dikirim ke daerah Kecamatan Lebakgedong. Alhamdulillah, selain hagglunds, PMI pusat juga menurunkan helikopter untuk mendistribusikan bantuan ke lokasi bencana yang sulit diakses kendaraan,” kata Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah melalui siaran pers, Kamis (9/1/2020).

Hagglunds adalah kendaraan jenis amfibi yang biasa digunakan kalangan militer. Dengan roda rantai seperti kendaraan tank, hagglunds bisa menembus medan-medan super berat seperti rawa, lumpur, perbukitan, dan salju. “Diturunkannya hagglunds ini untuk meringankan warga setempat agar tidak kesulitan membawa barang distribusi seperti beras, makanan siap saji, dan lain lainnya dari para donatur,” ujar Tatu .

Kata Tatu, PMI juga menurunkan bantuan logistik, mulai dari matras, hygiene kit, baby kit, sembako, distribusi air bersih, hingga pelayanan paramedis. “Sebanyak 271 relawan PMI masih turun tangan membantu di sejumlah lokasi bencana di Banten,” ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Lebak, Haryono mengungkapkan, helikopter milik PMI bersama TNI-AD, sudah tiga kali mengangkut barang bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana. Penerbangan atau pengiriman bantuan diangkut dari lapangan Batalyon Mandala Yudha, Ciuyah, Kabupaten Lebak dengan tujuan pengiriman ke wilayah Gunung Julang. “Informasinya, bantuan helikopter akan dilanjut kembali, jika cuaca mendukung,” ujarnya.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6478 seconds (0.1#10.140)