KAUJE Gandeng BAPANAS Gelar Sarapan Pagi Bergizi bagi 1.000 Siswa SD di Jember

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 19:36 WIB
loading...
KAUJE Gandeng BAPANAS...
Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) dan Badan Pangan Nasional (BAPANAS) menggelar kegiatan Sarapan Pagi Bergizi (Sarazi) dengan beras fortifikasi. Foto-foto/Kauje
A A A
JEMBER - Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional (BAPANAS) menggelar kegiatan Sarapan Pagi Bergizi (Sarazi) dengan beras fortifikasi.

KAUJE Gandeng BAPANAS Gelar Sarapan Pagi Bergizi bagi 1.000 Siswa SD di Jember


Sarazi ini digelar untuk 1.000 siswa SD se-Kabupaten Jember di Gedung Auditorium Universitas Jember (UNEJ), pada Kamis (17/10/2024).



Makanan bergizi bagi anak merupakan investasi di masa depan. Sebab anak-anak bakal menjadi tulang punggung Indonesia di tahun 2045.

KAUJE Gandeng BAPANAS Gelar Sarapan Pagi Bergizi bagi 1.000 Siswa SD di Jember


Kegiatan Sarazi menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam Tegalboto Memangil 3 dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 60 UNEJ. Event ini dicatatkan di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Menurut sebuah penelitian, investasi sebesar satu dollar di bidang gizi pada anak-anak di saat ini, akan berlipat menjadi setara enam belas dollar di masa depan saat mereka dewasa. Kegiatan Sarazi dengan beras fortifikasi menjadi investasi kita," kata Direktur Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan BAPANAS, Rinna Syawal.

KAUJE Gandeng BAPANAS Gelar Sarapan Pagi Bergizi bagi 1.000 Siswa SD di Jember


"Diharapkan dapat meningkatkan kecukupan gizi anak-anak kita, mengingat beras yang dimakan sudah memiliki kandungan vitamin dan mineral. Agar mereka sehat, dan kelak mereka bakal berprestasi dan menjadi bagian dari Generasi Emas tahun 2045,” sambungnya.



Dalam kesempatan ini Rinna Syawal juga mengajak guru dan siswa yang hadir untuk mempopulerkan istilah B2SA, yakni Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman sebagai panduan dalam mengkonsumsi makanan.

KAUJE Gandeng BAPANAS Gelar Sarapan Pagi Bergizi bagi 1.000 Siswa SD di Jember


Istilah tersebut menyempurnakan istilah sebelumnya, yakni Empat Sehat Lima Sempurna.

“Ditambah lagi dengan makan enak, makan sehat dan habiskan,” kata Rinna Syawal yang kemudian ditirukan siswa yang hadir di Gedung Auditorium UNEJ.

Sementara itu Rektor UNEJ, Iwan Taruna memberikan dukungan bagi kegiatan Sarazi yang dimotori KAUJE dan BAPANAS. Menurutnya makanan yang bergizi dihasilkan dari pertanian serta perkebunan yang baik, dan tata kelola pertanian dan perkebunan yang baik dari hulu hingga hilir menjadi visi dan misi UNEJ.



“UNEJ dengan sumber daya dosen dan dukungan sarana dan prasarana yang ada bertekad turut serta mewujudkan Generasi Emas 2045 dalam berbagai cara melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini selaras dengan tema dies natalis kali ini yakni UNEJ Unggul Menyongsong Indonesia Emas,” kata Iwan Taruna saat membuka Sarazi.

Ketua Panitia Tegalboto Memanggil 3, Wahyu Widodo menambahkan ada sebanyak 600 siswa yang sarapan pagi bergizi bersama di Gedung Auditorium. Sementara 400 siswa melaksanakan sarapan di sekolahnya masing-masing. Kebijakan ini diambil guna menyesuaikan dengan daya tampung gedung.

“Selain Sarazi, kami menggelar lomba mewarnai, panggung boneka, konsultasi kesehatan yang meliputi konsultasi gizi dan gigi yang diberikan oleh fakultas di rumpun kesehatan yang ada di UNEJ. Serta menampilkan talkshow mengenai parenting bagi guru,” ujar Wahyu Widodo.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)