Kisah Prabu Siliwangi Miliki 151 Istri, Ada yang Berasal dari Luar Negeri hingga Makhluk Halus

Rabu, 16 Oktober 2024 - 07:59 WIB
loading...
Kisah Prabu Siliwangi...
Raja Pajajaran Prabu Siliwangi konon memiliki 151 istri. Kolase foto Prabu Siliwangi versi AI. Foto/IG @ainusantara
A A A
RAJAPajajaran Prabu Siliwangi konon memiliki ratusan istri. Dari beberapa sumber sejarah, ada yang mencatat jumlah istri sang prabu penguasa tanah Sunda itu mencapai 151 orang.

Prabu Siliwangi yang memerintah di Kerajaan Pajajaran ada beberapa istrinya yang teridentifikasi dari berbagai versi catatan sejarah.



Sejumlah istri Prabu Siliwangi itu memiliki paras wajah cantik yang konon ada yang berasal dari makhluk halus bernama Rara Siluman. Sang Prabu dan Rara Siluman memiliki tujuh anak.

Selain itu, masih banyak lagi istri Prabu Siliwangi. Mulai dari Puteri Sindangkasih, sebagaimana dikisahkan pada buku "Waosan Babad Galuh dari Prabu Ciungwanara Hingga Prabu Siliwangi Naskah Kraton Kasepuhan Cirebon", terjemahan Amman N Wahju.



Puteri Sindangkasih konon dahulu memeliharanya sejak masih belia, yaitu puteri Rara Sigir dari Sindangkasih telah menjadi jodohnya sang raja, dikenal sebagai Nyai Embok Agung yang mempunyai anak laki-laki bernama Raden Sangka ki, anak dalem yang ada di Bumi Pajajaran.

Panawangi juga dikisahkan menjadi istri Prabu Siliwangi. Dari perkawinan keduanya, Prabu Siliwangi mempunyai anak laki-laki yang diberi nama Mundhing Dalem.



Mundhing Dalem kemudian kawin dengan putri dari Tejasuka yang bernama Putri Pamratsari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)