Kronologi Terbakarnya Speed Boat yang Tewaskan Cagub Maluku Utara Beny Laos

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:51 WIB
loading...
Kronologi Terbakarnya...
Kebakaran hebat speed boat yang bersandar di Pelabuhan Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Sabtu (12/10/2024) menewaskan Beny Laos, Cagub Maluku Utara nomor urut 4. Foto/Ismail Sangaji
A A A
TALIABU - Speed boat milik Beny Laos , Calon Gubernur Maluku Utara nomor urut 4 mengalami kebakaran hebat saat bersandar di Pelabuhan Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Sabtu (12/10/2024). Benny Laos turut dilaporkan meninggal dunia bersama 5 korban lainnya.

Kapolres Taliabu AKBP Totok Handoyo membenarkan informasi meninggalnya Benny Laos dalam kebakaran speed boat miliknya saat bersandar di Pelabuhan Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu.



"Info terakhir dari pihak rumah sakit, yang bersangkutan Benny Laos sudah meninggal pukul 17.20 WIT," ujarnya ketika dihubungi iNews TV, Sabtu (12/10/2024).

Totok menututurkan total korban yang meninggal dunia akibat insiden ini sudah enam orang. "Dua belum teridentifikasi identitasnya," ucapnya.

Namun, pihaknya belum bisa mengkonfirmasi penyebab meninggalnya Benny Laos. Sementara, kondisi Sherly Tjoanda, istri Benny Laos dalam kondisi masih dirawat di rumah sakit.

Totok menjelaskan kronologi ledakan kapal terjadi saat pengisian bahan bakar minyak di Pelabuhan Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu. Wakapolres sempat mengingatkan Beny Laos dan rombongan agar tidak naik ke atas kapal karena dalam kondisi mengisi bahan bakar.

"Jadi ketika speed bersandar di Pelabuhan Bobong, kebetulan seluruh tim kampanye dengan paslon Benny Laos bersama istri setelah melaksanakan blusukan ke Pasar Bobong kembali ke speed dalam kondisi mengisi bahan bakar minyak. Sudah sempat ditegur oleh Wakapolres karena kondisinya dalam pengisi bahan bakar dalam kondisi mesin menyala," jelas dia.

Menurutnya, sesuai protap tidak boleh ada penumpang yang naik ke kapal dalam kondisi pengisian bahan bakar. Namun, pihaknya masih menyelidiki terkait penyebab kebakaran tersebut.

Pihaknya juga belum bisa memastikan berapa jumlah penumpang yang berada di speed boat tersebut. Pihaknya masih mencari manifes dari korlap kampanye Benny Laos.

"Cuma total meninggal 6, 8 luka berat dan ringan," ucapnya.

Dia melanjutkan setelah Benny Laos dan rombongan menaiki speed boat terjadi ledakan disertai api yang membesar. Sehingga kondisinya masih ada yang terkurung di dalam speed," paparnya.

Totok melaporkan kondisi speed boat sudah terbakar habis dan tenggelam. Pihaknya juga belum bisa memastikan masih ada korban yang terjebak di dalam speed boat yang tenggelam.

"Jenazah yang berhasil dievakuasi setelah mengambang dengan sendirinya ke permukaan. Sekitar 3 jenazah," kata dia.



Berikut daftar korban meninggal dunia dalam kebakaran kapal:

1. Beny Laos, Calon Gubernur Maluku Utara
2. Esther Tantri, Anggota DPRD Maluku Utara dari Partai Demokrat
3. Mubin A Wahid, Ketua DPW PPP Maluku Utara
4. Hamdani Buamonabot,Walpri Benny Laos
5. Nasrun, penumpang
6. Mahsudin Ode Muisi, penumpang.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)