Ini Identitas 2 KKB Pelaku Penembakan Anggota TNI dan Warga Sipil di Puncak Jaya

Selasa, 08 Oktober 2024 - 07:00 WIB
loading...
Ini Identitas 2 KKB...
Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 mengamankan dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Alison Wonda dan Yotenus Wonda. Foto/IST
A A A
PUNCAK JAYA - Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 mengamankan dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terlibat dalam serangkaian aksi penembakan terhadap warga sipil dan aparat TNI di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

“Penangkapan terjadi pada Sabtu (5/10) di Jalan Trans Wamena Puncak Jaya, Kampung Lumbuk, Distrik Tingginambut. Dua anggota KKB,” kata Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Selasa (8/10/2024).



Menurut dia, kedua pelaku kini berada di Mapolres Puncak Jaya untuk menjalani proses penyelidikan lebih lanjut. “Dua orang pelaku penembakan terhadap aparat TNI dan warga sipil telah berhasil diamankan, saat ini berada dalam proses penyelidikan,” ujar Faizal.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol Bayu Suseno menambahkan, kronologi penangkapan saat tim gabungan melintasi jalur antara Tingginambut dan Kalome, mereka mengamankan 2 KKB yaitu Alison Wonda alias Kumara dan Yotenus Wonda alias Maleki.

Barang bukti yang disita meliputi tiga ponsel (dua merek Realme dan satu Oppo), dua tas, satu noken, serta tiga unit motor. Menurut hasil interogasi, kedua pelaku diduga terlibat dalam sejumlah aksi kriminal, termasuk penembakan terhadap TNI di Puncak Jaya pada Maret 2024.

Identitas Pelaku

1. Alison Wonda alias Kumara, lahir di Paralo, 1 Juli 2001, warga Kelurahan Paralo, Kecamatan Tingginambut.

2. Yotenus Wonda alias Maleki, lahir di Mulia, 8 Juli 1998, warga Kelurahan Jimbanime, Kecamatan Yamoneri, Puncak Jaya.



Kombes Pol Bayu juga mengungkapkan bahwa Yotenus Wonda alias Maleki terlibat dalam penembakan pada 17 Maret 2024 yang menewaskan Sertu Mar Ismunandar dan melukai Serka Salim Lestluhu di samping Puskesmas Mulia, Kampung Kulirik.

Yotenus Wonda alias Maleki mengakui bahwa dirinya turut serta merencanakan aksi bersama beberapa anggota KKB lainnya, termasuk Ternus Enumbi dan Alison Wonda.

Pelaku menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 dan merampas dua senjata api laras pendek milik korban. Yotenus Wonda alias Maleki juga mengaku terlibat dalam percobaan pembunuhan terhadap seorang warga sipil bernama Aan pada 31 Mei 2024.

Kemudian penembakan terhadap Serma Anumerta Jefri E. May pada 15 Agustus 2024 di Sport Center, Kampung Pagaleme. Peran Pelaku Yotenus Wonda alias Maleki diduga terlibat dalam percobaan pembunuhan dengan peran memantau dan memancing korban keluar dari rumah.

Peran Pelaku Alison Wonda alias Kumara terlibat dalam penembakan terhadap Sertu Mar Ismunandar serta pembunuhan seorang anggota TNI pada 5 Januari 2024. Saat ini, tim gabungan terus melakukan pengejaran terhadap anggota KKB lainnya yang masih buron.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)