Kisah Mpu Nambi, Patih Majapahit Pertama Korban Hasutan Busuk Sengkuni Mahapati

Senin, 23 September 2024 - 08:00 WIB
loading...
Kisah Mpu Nambi, Patih...
Mahapati adalah sosok misterius dalam sejarah Kerajaan Majapahit dikenal sebagai tokoh yang menyebabkan ketidakstabilan di kerajaan. Foto/Ilustrasi
A A A
MAHAPATIH Majapahit pertama dijabat oleh Mpu Nambi . Sosok Mpu Nambi pula yang merupakan kawan dekat dari Raden Wijaya, yang telah menjabat sejak Wangsa Rajasa. Ketika raja kedua Majapahit Jayanagara bertahta Mpu Nambi masih berkuasa sebagai mahapatih.

Tetapi hubungan kedua pejabat utama Majapahit ini tidak pernah akur. Saling curiga selalu mewarnai hubungan antara Jayanagara dengan Mpu Nambi. Apalagi saat itu Jayanagara memang masih cukup stabil emosinya, karena naik tahta sebagai raja dalam usia yang muda.



Raja Majapahit kedua yang bergelar Sri Sundarapadnyadewadhiswarana Maharajabhiseka Wikramatunggadewa ini naik tahta di usai kurang lebih 15 tahun. Di usia tersebut tentulah secara kejiwaan dan emosional masih belum memiliki emosi yang matang dan tidak terkontrol.

Dikutip dari "Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru", semasa Jayanagara berthada muncul pertentangan antara Wangsa Rajasa dari trah Raden Wijaya, dengan pendukung setia Jayanagara. Alhasil di internal istana kerajaan muncul konflik yang tak terelakkan.

Suasana ketidaknyamanan antara raja dan patihnya dan di antara keduanya memang mempunyai hubungan yang kurang baik. Saat itu memang Jayanagara muncul sebagai pewaris tahta dari Wangsa Sinelir.

Sementara Mpu Nambi merupakan kubu yang pendukung Wangsa Rajasa, beranggapan bahwa Gayatri putri keempat Kertanegara yang seharusnya menjadi raja Majapahit.



Di tengah hubungan yang renggang antara Jayanagara dengan Mpu Nambi ada satu tokoh yang kian memperumit hubungan keduanya. Dia adalah Mahapati, yang sosoknya sudah muncul pada saat Mpu Sora sedang terbelit kasus pembunuhan Kebo Anabrang.

Akan tetapi dari perilaku politik, tokoh Mahapati ini selalu bertentangan dan menjatuhkan tokoh-tokoh yang setia dengan Wangsa Rajasa.

Dikarenakan ibunda Jayanagara yang dekat dengan Wangsa Sinelir bisa jadi sosok Mahapati ini juga merupakan penasihat utama wangsa ini. Sosoknya mulai dipercaya oleh Jayanagara dalam menjalankan pemerintahan.

Bisa dikatakan Mahapati ini merupakan jabatan pelaksana pemerintahan yang dipegang oleh Mpu Nambi. Hal ini pula yang membuat Mahapati mulai mengincar jabatan mahapatih Majapahit, yang berimbas pada ketidaknyamanan Mpu Nambi yang masih resmi menjabatnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)