Terinfeksi COVID-19, Seorang Narapidana di Lapas Porong Meninggal

Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:42 WIB
loading...
Terinfeksi COVID-19, Seorang Narapidana di Lapas Porong Meninggal
Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim berinisial MY meninggal dunia setelah terinfeksi COVID-19. Foto/Ilustrasi/SINDOnews..dok
A A A
SIDOARJO - Satu narapidana Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim berinisial MY meninggal dunia setelah terinfeksi COVID-19 . Sebelum meninggal, MY memiliki penyakit penyerta, di antaranya diabetes, hipertensi dan jantung koroner.

Kalapas Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Gun Gun Gunawan yang baru saja berkoordinasi dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membenarkan informasi tersebut. “Kami mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya salah satu warga binaan kami berinisial MY pada pukul 12.43 WIB di RS Mitra Keluarga Waru,” ujarnya, Kamis (27/8/2020). (Baca juga: Bengkel Las di Binjai Meledak, 4 Tewas dan Belasan Luka Parah)

Lebih lanjut, Gun Gun menceritakan kronologis kejadiannya. Menurutnya, MY termasuk dalam salah satu warga binaan yang pernah melakukan kontak dengan salah satu warga binaan pemasyarakatan yang dinyatakan positif COVID-19. Namun, tidak menunjukkan gejala atau tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG). (Baca juga: Demi Fulus, Honorer Bidan Cantik di Lahat Live Tanpa Busana di Medsos)

Meski begitu, Selasa (26/8/2020) pukul 18.00 pihak Lapas tetap memindahkan MY ke blok kesehatan guna menjalani isolasi. “Karena hasil swab yang dilakukan tanggal 25 Agustus, MY dinyatakan terdeteksi COVID-19,” katanya.

Selanjutnya, pada Kamis (27/8/2020) pada pukul 7.52 WIB, MY menunjukkan gejala batuk dan sedikit sesak. Sejam kemudian, pihak Lapas melakukan koordinasi dengan RS Rujukan Mitra Keluarga, Waru. Pada pukul 11.15 WIB, dengan dikawal petugas lapas, MY diberangkatkan ke rumah sakit. Sekitar satu jam dirawat di rumah sakit, MY mengalami penurunan irama jantung menjadi 30 kali per menit. "Lima menit berselang, gambaran asystole kemudian flat yang menandakan MY meninggal," terangnya.

Gun Gun mengaku sangat kehilangan. Menurutnya, MY selama ini menjadi tokoh di Lapas. Pasalnya, selama di lapas MY menjadi pengasuh pondok pesantren dan jamaah Masjid Nurul Fuad Lapas yang terletak di Kecamatan Porong. “Kami sangat kehilangan, semoga almarhum khusnul khotimah,” harapnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)