Seorang Pekerja Asing Tewas dalam Insiden Ledakan dan Kebakaran Pipa Minyak di Cimahi

Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:13 WIB
Seorang Pekerja Asing Tewas dalam Insiden Ledakan dan Kebakaran Pipa Minyak di Cimahi
Seorang Pekerja Asing Tewas dalam Insiden Ledakan dan Kebakaran Pipa Minyak di Cimahi
A A A
BANDUNG - Seorang warga China, Li Xuanfeng, dari China Railway Group Limited (CREC), tewas dalam insiden ledakan dan kebakaran pipa minyak Pertamina di Jalan Mancong RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. Korban Li Xuanfeng, merupakan pekerja proyek PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC).

"Hasil penanganan sementara, ada satu korban yang diduga meninggal akibat peristiwa kebakaran pada area proyek tersebut," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi saat meninjau langsung lokasi kebakaran di Kampung Mancong RT 02/01 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019).

Namun, Kapolda belum bisa merinci lebih detail soal korban. Dia hanya mengatakan, korban merupakan operator alat berat di proyek PT KCIC. "Lebih jauhnya nanti kita teliti dan identifikasi lagi lebih detail setelah kondisi api padam," sambungnya.

Kebakaran besar di proyek PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu terjadi, Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB, tepat berada pada trase kereta cepat. Soal penyebab pasti kebakaran yang disertai ledakan, Kapolda belum bisa memberikan penjelasan. (Baca juga; PT KCIC Akui Lokasi Ledakan Pipa Minyak Dekat Proyek Pengerjaan Pilar )

Dugaan awal, saat itu para pekerja sedang menancapkan benda keras (tiang pancang) pada trase KCIC yang sudah ditetapkan. Namun, tanpa sengaja menancap ke jalur pipa minyak. "Diduga ada petugas yang menancapkan benda keras lalu terkena pipa dan meledak," ujarnya.

Sementara itu di lokasi petugas Damkar Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung terus melakukan pemadaman api yang masih berkobar. Tim ahli dari PT Pertamina juga diterjunkan untuk membantu penanganan kebakaran ini.

Menjelang petang kondisi api mulai bisa dikendalikan dan berangsur padam serta tidak sebesar ketika awal terjadinya kebakaran. (Baca juga; Pipa Minyak Pecah dan Terbakar, Lalu Lintas Tol Purbaleunyi Terganggu )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3762 seconds (0.1#10.140)