alexametrics

BMKG Sebut Angin Kencang di Kota Batu Dipicu Kebakaran Hutan

loading...
BMKG Sebut Angin Kencang di Kota Batu Dipicu Kebakaran Hutan
Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, angin kencang di Kota Batu, Jawa Timur, akibat pemanasan yang kuat akibat kebakaran hutan atau lahan di sekitar daerah tersebut. iNewsTV/Deni Irwansyah
A+ A-
SURABAYA - Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, angin kencang di Kota Batu, Jawa Timur, akibat pemanasan yang kuat akibat kebakaran hutan atau lahan di sekitar daerah tersebut. Kebakaran lahan itu menyebabkan udara dapat terangkat dengan kuat dan cepat.

“Jika ada pemanasan di suatu tempat, maka di tempat itu seolah-olah terjadi kekosongan udara yang dengan cepat pula diisi oleh udara sekitarnya,” terang Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, Teguh Tri Susanto, Senin (21/10/2019).

Teguh menambahkan, di daerah tersebut terjadi pengumpulan udara yang berlangsung sangat cepat sehingga menimbulkan pusaran angin. Pusaran angin seperti kejadian di Kota Batu paling sering terjadi di padang pasir, dan dapat mengangkut debu, pasir atau benda-benda ringan lainnya. (Baca juga; Gubernur Jatim Kunjungi Posko Pengungsi Bencana Angin Kencang Sumber Brantas)



“Tidak semua angin kencang yang merusak itu disebut sebagai angin puting beliung. Dalam istilah meteorologi, angin kencang atau embusan angin dingin yang berasal dari awan Cumulonimbus disebut dengan downburst. Downburst sama berbahayanya dengan angin puting beliung," pungkasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak