Anwar-Reny Memimpin, Aktivis: Karier Milenial-Gen Z Terbuka Lebar

Jum'at, 06 September 2024 - 23:18 WIB
loading...
Anwar-Reny Memimpin,...
Cagub Sulteng Anwar Hafid dipandang sebagai sosok pemimpin yang membuka ruang luas bagi generasi muda untuk terlibat dalam pemerintahan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PALU - Calon Gubernur Sulawesi Tengah Anwar Hafid, dipandang sebagai sosok pemimpin yang membuka ruang luas bagi generasi muda untuk terlibat dalam pemerintahan, hingga ke posisi staf ahli. Keterbukaan Anwar Hafid terhadap peran anak muda adalah sebuah langkah positif untuk masa depan daerah.

“Yang terpenting itu dia membuka ruang, dia membuka ruang bagi anak muda sampai ke tahap staf ahli,” kata Mantan Kepala Advokasi Walhi Sulawesi Tengah, Aulia Hakim, Jumat (6/9/2024).

Pernyataan Aulia ini mempertegas sikap Anwar Hafid yang selalu berusaha melibatkan generasi muda dalam proses pengambilan keputusan. Memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkontribusi lebih dalam pembangunan daerah. Dengan kata lain, Anwar Hafid memandang generasi muda memiliki kemampuan dan kapasitas untuk memajukan Sulteng di masa depan.

Demi menunjang kualitas generasi muda di masa depan, Anwar Hafid sampai membuatkan program khusus untuk generasi muda, yakni Berani Cerdas. Berani Cerdas adalah program yang akan menggratiskan biaya pendidikan dari jenjang Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi.

Program ini tepat dilakukan mengingat angka putus sekolah di Sulawesi Tengah masih tinggi. Sebagaimana dihimpun Dinas Pendidikan Sulteng, sebanyak 4.509 anak putus sekolah, angka ini didominasi oleh anak-anak tamatan SMA dan SMK.

Program ini bukan sebuah khayalan, melainkan kenyataan pernah dilakukan Anwar Hafid untuk Kabupaten Morowali. Selama menjabat Bupati dua periode, Anwar Hafid mengambil kebijakan serupa, menggratiskan biaya pendidikan.

Hasilnya, jumlah sarjana di Morowali meningkat sangat drastis. Di awal masa jabatannya pada 2007 hanya ada 700 orang sarjana, menjadi 4.200 orang pada akhir masa jabatannya yakni pada 2018.

Kepeduliann Anwar Hafid kepada anak muda, tidak terlepas dari perjalanan kariernya. Berbagai pemahamanan tentang penanganan masalah pernah dilalui oleh Anwar Hafid, akhirnya membentuk dirinya yang paham akan tantangan di masa depan harus melibatkan generasi muda. “Beliau ini punya pemahaman dengan karir politiknya di pusat, tentu juga beliau punya pemahaman tentang penanganan masalah,” terangnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)