Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Ijen Meluas, Jalur Pendakian Ditutup

Minggu, 20 Oktober 2019 - 21:59 WIB
Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Ijen Meluas, Jalur Pendakian Ditutup
Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Ijen Meluas, Jalur Pendakian Ditutup
A A A
BANYUWANGI - Kebakaran hutan di kawasan Gunung Ijen Banyuwangi, Jawa Timur, semakin meluas, Minggu (20/10/2019) petang. Akibatnya, jalur pendakian menuju wisata kawah Gunung Ijen, ditutup.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran pepohonan yang ada di gunung ranti yang masuk kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen sejak Sabtu malam itu. Kobaran api tampak terus merembet dan membesar mendekati pintu masuk wisata kawah Gunung Ijen di Paltuding, Banyuwangi, petang tadi.

Angin kencang memicu api terus menyambar ranting-ranting pepohonan di kawasan tersebut. Petugas yang berusaha memadamkan api tampak kuwalahan. Api justru semakin membesar.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyebutkan, api mulai terlihat sejak Sabtu malam yang membakar pepohonan di kawasan Gunung Ranti, Dusun Jambuan, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Kebakaran makin membesar karena disertai angin kencang yang membuat sejumlah pohon tumbang, sehingga api terus merembet membakar semak belukar dan pepohonan lainnya.

Kencangnya angin membuat api cepat membesar dan merembet hingga ke sisi Barat hutan, tepatnya pada jalur pendakian wisata menuju Kawah Gunung Ijen.

Hingga malam ini petugas masih terus berupaya memadamkan api. Sementara wisata Kawah Gunung Ijen masih ditutup untuk umum, hingga dinyatakan aman untuk segala bentuk pendakian wisata maupun bagi penambang belerang.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)