Kisah Raja Mataram Hukum Mati Tim Sukses Bupati Surabaya Adi Jangrana usai Berkhianat

Jum'at, 06 September 2024 - 07:08 WIB
loading...
Kisah Raja Mataram Hukum...
Pangeran Puger atau Pakubuwana I mengeksekusi mati Bupati Surabaya, Adipati Jangrana karena dianggap berkhianat. Foto/Wikipedia
A A A
Hukuman mati dijatuhkan Raja Mataram ke salah satu tim suksesnya. Hal itu sebagai bentuk konsekuensi karena pengkhianatan ke Pangeran Puger atau Pakubuwana I.

Padahal sosok tim sukses bernama Adipati Jangrana adalah Bupati Surabaya, yang juga membantunya naik tahta di Kerajaan Mataram. Sang adipati Surabaya ini terpaksa dihukum mati oleh Pakubuwana I pada tahun 1709 karena dinilai berkhianat saat berperang melawan Untung Surapati tahun 1706.



Sebelumnya sang Bupati Surabaya itu juga berhasil mengantarkan Pangeran Puger naik tahta menjadi raja di Kerajaan Mataram, yang berpusat di Kartasura pada 1704-1719, yang bergelar Pakubuwana I.

Nama aslinya Raden Mas Drajat, ia lahir dari permaisuri keturunan keluarga Kajoran, yaitu sebuah cabang keluarga keturunan Kesultanan Pajang. Mas Drajat pernah diangkat menjadi putra mahkota menggantikan kakaknya, yaitu Mas Rahmat yang berselisih dengan ayah mereka Amangkurat I.

Dikutip dari buku "Babad Tanah Jawi" tulisan Soedjipto Abimanyu, Jumat (6/9/2024), hukuman mati ke Bupati Surabaya oleh Pakubuwana I pada tahun 1709 karena dinilai berkhianat saat berperang melawan Untung Surapati tahun 1706. Pasca eksekusi mati Sang Bupati Surabaya Adipati Jangrana ini digantikan oleh adiknya bernama Jayapuspita sebagai Bupati Surabaya.

Pada tahun 1714, Jayapuspita menolak menghadap Kartasura dan mempersiapkan pemberontakan. Pada tahun 1717, gabungan pasukan Kartasura dan VOC bergerak menyerbu Surabaya. Peristiwa peperangan ini konon terjadi lebih mengerikan daripada perang di Pasuruan terdahulu, semasa Untung Surapati.

Jayapuspita akhirnya kalah dalam peperangan ini, ia terpaksa menyingkir ke Japan, sekarang Mojokerto pada tahun 1718. Sunan Pakubuwana I ini meninggal dunia pada tahun 1719. Sepeninggalnya, tahta Raja Mataram di Istana Kartasura beralih ke putranya yang bergelar Amangkurat IV.



Pemerintahan Amangkurat IV ini kemudian dihadapkan pada pemberontakan oleh saudara-saudaranya sesama putra Pakubuwana I. Mereka yang memberontak mulai Pangeran Blitar, Pangeran Purbaya, dan Pangeran Diponegoro Madiun.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)