Gegara Masalah Ini Pendaftaran Pilkada 6 Daerah di Sumut Diperpanjang

Senin, 02 September 2024 - 14:25 WIB
loading...
Gegara Masalah Ini Pendaftaran...
Ketua KPU Sumatera Utara Agus Arifin. Foto: SINDOnews/Wahyudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran bakal calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sebanyak 6 daerah di wilayah Sumatera Utara.

Perpanjangan masa pendaftaran ini dilakukan karena hingga Kamis, 29 Agustus 2024 lalu, hanya satu pasangan calon (paslon) yang mendaftar di keenam daerah tersebut.

Ketua KPU Sumatera Utara, Agus Arifin, mengatakan keenam daerah itu adalah Kabupaten Serdangbedagai, Asahan, Tapanuli Tengah, Nias Utara, Labuhanbatu dan Kabupaten Pakpak Bharat.



Menurut Agus, perpanjangan ini sudah sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2024 Pasal 135.

Dimana dalam ketentuan itu dijelaskan jika hanya terdapat 1 pasangan calon kepala daerah yang mendaftar pada waktu pendaftaran reguler, partai politik dapat mengubah dukungannya di masa perpanjangan pendaftaran jika partai politik tidak cukup memenuhi syarat minimal.

“Iya diperpanjang, ada 6 kabupaten karena bakal pasangan calon hanya 1,” kata Agus, Senin (2/9/2024).

Untuk masa perpanjangan pendaftaran, kata Agus, akan dimulai Senin hingga Rabu, 2-4 September 2024. Di mana pada tanggal 2 dan 3 September pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Sedangkan di hari Kamis, 4 September 2024, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB.“Kita sudah sosialisasikan sejak kemarin dan perpanjangan pendaftaran sudah dimulai hari ini sampai 3 hari ke depan,” tukasnya.

Adapun daerah yang masa perpanjangan pendaftaran Pilkadanya diperpanjang di Sumatera Utara adalah :

1. Serdang Bedagai: Darma Wijaya alias Wiwik-Adlin Umar Yusri Tambunan (PDIP, Golkar, Gerindra, PPP, Demokrat, NasDem, PKS, Hanura, PAN, PSI, Gelora, Buruh, Garuda, dan PKN)
2. Pilkada Asahan: Taufik Zainal Abidin-Rianto (Golkar, PAN, PDIP, Gelora, PKB, Demokrat, Hanura, PKS, PPP, Buruh, Gerindra dan NasDem)
3. Pilkada Tapanuli Tengah: Khairul Kiyedi Pasaribu-Darwin Sitompul (PDIP, Golkar, NasDem, PKS, PBB, Gerindra, Demokrat, Perindo, dan PAN)
4. Pilkada Nias Utara: Amizaro Waruwu-Yusman Zega (PAN, NasDem, Hanura, Golkar, Gerinda, PDIP, dan PSI)
5. Pilkada Labuhanbatu Utara: Hendriyanto Sitorus-Syamsul Tanjung (Golkar, PBB, PAN, PDIP, PKB, NasDem, PKS, Hanura, Gerindra, Demokrat, PPP, dan PSI)
6. Pilkada Pakpak Bharat: Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin (PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, Hanura, PAN, Demokrat, PSI, dan PPP)
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)