alexametrics

Denpasar Dinobatkan sebagai Kota Terinovatif se-Indonesia

loading...
Denpasar Dinobatkan sebagai Kota Terinovatif se-Indonesia
Wali Kota Rai Mantra menerima penghargaan IGA 2019 yang diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019). Foto/Dok Pemkot Denpasar
A+ A-
DENPASAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar kembali meraih penghargaan tingkat nasional dan meraih peringkat pertama di bidang inovasi untuk kategori pemerintah kota se-Indonesia dalam ajang Innovative Goverment Award 2019.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra pada acara anugerah Innovative Government Award (IGA) 2019 di Jakarta Pusat, Senin malam (7/10/2019).

Denpasar menjadi satu-satunya daerah di Bali yang meraih penghargaan IGA dan nantinya akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp9 miliar. "Syukur di kompetisi IGA Award 2019 ini Kota Denpasar mampu meraih peringkat pertama dalam bidang pemerintahan kota terinovatif. Ini menjadi bukti bahwa pelayanan Pemkot Denpasar semakin cepat, transparan, efisien dan inovatif," ujar Wali Kota Rai Mantra usai dalam keterangan persnya.



Rai Mantra berharap, ke depan secara keberlanjutan dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mampu mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Denpasar. "Untuk itu, kami mendorong OPD agar dapat terus berinovasi, serta berharap Inovasi harus terus lahir di Kota Denpasar," ujarnya.

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi atas inovasi yang telah berhasil dilakukan. Penghargaan itu agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hingga saat ini, Pemkot Denpasar memiliki berbagai inovasi. Inovasi pertama dalam masa kepemimpinan Rai Mantra dan Wakil Walikota, I GN Jaya Negara adalah Sewaka Dharma. Inovasi ini dibentuk pertama untuk merubah mindseat PNS dari dilayani menjadi melayani. "Sewaka Dharma itu berarti melayani adalah kewajiban," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rai Mantra juga menjelaskan bahwa motto Sewaka Dharma menjadi pondasi awal dalam membangun inovasi fisik berikutnya. Yakni dengan membangun Gedung Sewaka Dharma dengan konsep pelayanan terpadu satu pintu.

Inovasi terus dilakukan untuk membantu masyarakat di antaranya mall pelayanan publik, pengaduan rakyat online (Pro Denpasar), revitalisasi pasar tradisional, penataan sungai, inovasi Damakesmas dan call center serta berbagai inovasi lainnya.

"Tidak hanya inovasi, tetapi kita mengajak masyarakat untuk mandiri dan bersama membangun Kota Denpasar," kata Rai Mantra.

Dalam penyerahan penghargaan itu, Rai Mantra didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Selly Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara serta pimpinan OPD terkait lainnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak