Mirip Airin Rachmi Diany, Elektabilitas Herman Deru di Pilgub Sumsel Tembus 70 Persen

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 15:14 WIB
loading...
Mirip Airin Rachmi Diany,...
Elektabilitas Herman Deru menembus angka 70% menjadi indikasi kuat bahwa pasangan HDCU sulit ditandingi di Pilgub Sumsel. Foto/Istimewa
A A A
PALEMBANG - Tiga pasangan calon resmi mendaftar ke KPU Sumatera Selatan untuk bertarung di Pilgub Sumsel 2024. Ketiga paslon Herman Deru -Cik Ujang (HDCU), Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati (Matahati), dan Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia (ERA).

Saat ini, para bakal calon tengah menjalani pemeriksaan kesehatan, menunggu penetapan resmi sebagai calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan berlaga di Pilgub Sumsel 2024.

Peneliti dari Konsepindo Research & Consulting Aldo Serena mengatakan, pasangan Herman Deru-Cik Ujang memiliki peluang besar memenangkan Pilgub Sumsel.



Elektabilitas Herman Deru menembus angka 70% menjadi indikasi kuat bahwa pasangan HDCU akan sulit ditandingi.

“Peluang HDCU menang sangat besar. Elektabilitas Herman Deru saat ini hampir mencapai 70%, sementara Mawardi dan Eddy Santana masing-masing berada di bawah 15%,” ujar Aldo dalam keterangannya, Sabtu (31/8).

Aldo menambahkan, dengan sisa waktu kurang dari tiga bulan hingga pemilihan, sulit bagi lawan-lawan Herman Deru untuk mengejar selisih elektabilitas cukup signifikan. Menurutnya, selisih lebih dari 50% merupakan tantangan yang hampir mustahil untuk dikejar dalam waktu singkat.

“Secara teori dan ilmiah, jarang sekali ada kisah sukses di mana seorang kandidat berhasil mengejar selisih elektabilitas sebesar ini dalam kurun waktu yang tersisa,” jelas Aldo.

Meskipun pasangan Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati didukung oleh partai besar seperti Golkar dan Gerindra, serta Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia yang diusung oleh PDIP, Aldo tetap yakin bahwa Herman Deru berada di posisi yang sulit digoyahkan.

“Herman Deru di Sumsel ini seperti Airin Rachmi Diany di Banten. Keduanya memiliki elektabilitas di atas 70%, dan selama tidak ada kesalahan fatal selama masa kampanye, besar kemungkinan mereka akan menang,” tegasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)