Speedboat Ocean Queen Meledak Terbelah Dua di Labuan Bajo, 1 ABK Luka Bakar

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 14:45 WIB
loading...
Speedboat Ocean Queen...
Speedboat Ocean Queen meledak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, mengakibatkan kapal terbagi dua dan 1 orang luka bakar. Foto/Ilustrasi
A A A
MANGGARAI BARAT - Speedboat Ocean Queen meledak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Akibatnya, kapal terbagi dua dan satu orang mengalami luka bakar.

Peristiwa nahas ini terjadi di perairansekitar kawasan Marina Labuan Bajo, tak jauh dari Hotel Meruorah, pada Jumat (30/8) pukul 22.40 WITA.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo, Stephanus Risdiyanto mengungkapkan, ledakan begitu hebat membuat kapal rusak parah hingga akhirnya tenggelam.



“Ledakan ini mengakibatkan bangunan atas (speedboat) terpental dan jatuh ke bagian samping kapal yang mengakibatkan kapal miring dan tenggelam pada kedalaman 5-6 meter,” ungkap Risdiyanto, Sabtu (31/8/2024).

Pihaknya bersama Polres Manggarai Barat, Basarnas dan elemen tanggap darurat setempat langsung terjun ke lokasi begitu mendengar informasi. Tim Jihandak Brimob juga diturunkan guna mengidentifikasi adanya bahan peledak.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat ledakan ini, tetapi satu dari empat anak buah kapal (ABK) menderita luka bakar. Korban dikatakannya berhasil diselamatkan dan sementara ditangani pihak medis.

“Satu orang ABK mengalami luka bakar 20 persen. Korban diselamatkan dan dievakuasi ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan medis,” kata Risdiyanto.

Insiden dikatakannya terjadi saat kapal sedang berlabuh dengan mesin dan genset kapal dalam keadaan mati. Diduga, ledakan bersumber dari api rokok.

“Dugaan awal penyebab adalah akumulasi uap mudah terbakar yang kemungkinan dipicu oleh rokok,” tegasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)