Penampakan Prosesi Wilujengan Keraton Solo Jelang Perayaan Sekaten

Senin, 26 Agustus 2024 - 07:53 WIB
loading...
Penampakan Prosesi Wilujengan...
Prosesi adat wilujengan digelar menjelang perayaan tradisi Sekaten di Keraton Solo, Kota Solo, Minggu (25/8/2024) malam. Foto/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Prosesi adat wilujengan digelar menjelang perayaan tradisi Sekaten di Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo), Kota Solo, Jawa Tengah pada Minggu (25/8/2024) malam. Wilujengan digelar di Pagelaran Keraton Solo.

Wilujengan dilaksanakan dengan menggelar selamatan secara sederhana. Doa dipanjatkan agar kegiatan Maleman Sekaten berjalan lancar dan selamat.



“Yang mengais rezeki di sini (Sekaten) dilimpahkan rezekinya, tidak ada yang rugi. Ini saling mendukung untuk suksesnya Sekaten,” kata Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo GKR Wandansari (Gusti Moeng).

Keraton Solo setiap menggelar acara, lanjutnya, terlebih dahulu melaksanakan wilujengan dengan memanjatkan doa kepada Tuhan agar diberikan keselamatan. Pada 9 September 2024 nanti akan turun gamelan Sekaten, dan digelar Grebeg pada 16 September 2024.



Ketua Lembaga Eksekutif, Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta KP Eddy Wirabumi mengatakan, acara Sekaten tahun 2024 memiliki keterbatasan mengingat Alun-alun Keraton Solo tengah direvitalisasi.



“Sehingga perayaan Sekaten dilaksanakan di halaman Pagelaran, dalam Pagelaran, Sebagian lapangan parkir depan Masjid Agung, dan Pasar Klewer sisi timur,” ujarnya.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)