Pertamina Perkuat Pasokan BBM di Pulau Enggano

Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:55 WIB
loading...
Pertamina Perkuat Pasokan BBM di Pulau Enggano
Pertamina Perkuat Pasokan BBM di Pulau Enggano. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Pasokan BBM di Pulau Enggano, pulau terluar di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu diperkuat hingga 3 bulan mendatang seiring adanya gempa di kawasan perairan barat Sumatera.

General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) , Asep Wicaksono Hadi mengatakan, peningkatan stok tersebut memang mempertimbangkan kondisi cuaca dan alam di daerah tersebut.

"Dalam dua pekan terakhir terjadi gempa di wilayah perairan barat Sumatera yang berimbas hingga ke wilayah Bengkulu dan Bengkulu Utara. Oleh karena itu kami mengantisipasi pemenuhan BBM dengan menguatkan pasokan," ujar Asep kepada SINDOnews, Rabu (26/08/2020).

Asep mengatakan, pengiriman BBM telah dilakukan sejak Sabtu (22/8) malam dengan menggunakan delapan mobil tanki. Kendaraan tersebut memuat 60 kilo liter (KL) premium dan 10 KL solar.

"Untuk mencapai ke pulau terluar Indonesia tersebut, mobil tanki bermuatan BBM diangkut menggunakan kapal KMP Pulo Tello selama 12 jam perjalanan," katanya.

Diungkapkan Asep, dalam proses pendistribusian pihaknya sengaja menyewa kapal yang khusus dioperasikan oleh ASDP untuk mengangkut mobil tanki bermuatan BBM.

Menurutnya, kapal buatan tahun 2006 yang disewa tersebut merupakan satu-satunya kapal yang bisa mengangkut kendaraan besar untuk melayani penyeberangan dari pelabuhan Bengkulu ke pelabuhan Malakoni.

"Jarak Pulau Enggano ke Ibukota Provinsi Bengkulu sekitar 156 km atau 90 mil laut. Dan kapasitas penyimpanan diperkuat dengan tangki timbun yang disiapkan Pertamina dan juga dikirim dari Bengkulu," jelasnya. (Baca juga: Jembatan Alternatif Ambruk, Truk Muatan Minyak Terperosok ke Dasar Sungai)

Aseo menambahkan, pihaknya juga berkomitmen menyalurkan BBM Satu Harga di Pulau Enggano. Program itu telah dijalankan perseroan sejak tahun 2017. (Baca juga: Duel Maut Pemuda yang Kepalanya Terbelah Ternyata karena Buah Jengkol)

"Selain BBM satu harga, Pertamina juga memasok kebutuhan solar untuk operasional PLN di Pulau Enggano berkapasitas 60 KL," ujarnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)