Siaga Kabut Asap Riau, Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Selasa, 17 September 2019 - 11:32 WIB
Siaga Kabut Asap Riau, Human Initiative Terjunkan Tim Rescue
Siaga Kabut Asap Riau, Human Initiative Terjunkan Tim Rescue
A A A
RIAU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan bahwa jarak pandang di Kota Pekanbaru Riau meningkat dibandingkan hari sebelumnya. Jika sebelumnya jarak pandang sempat 300 meter, namun pada saat ini jarak pandang sudah mencapai 1,5 kilometer. Hal ini dikarenakan sebagian wilayah Pekanbaru telah diguyur hujan sejak Sabtu (14/09/2019).

Sampai saat ini kabut asap pekat yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menyelimuti wilayah Riau dan sekitarnya. “Riau sudah menetapkan status siaga karhutla sampai 31 Oktober 2019,” ujar Gubernur Riau Syamsuar dalam konferensi pers di Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

“Hari ini Human Initiative dan Pemda DKI Jakarta telah melakukan briefing dan pelepasan Tim rescue yang akan diterjunkan langsung dari Jakarta untuk melakukan respon kemanusiaan terhadap masyarakat terdampak kabut asap,” ujar Ferdiansyah selaku Public Relation Human Initiative pada Senin (16/09/2019).

Sebelumnya, Tim Human Initiative Pekanbaru bersama relawannya telah melakukan respon sejak awal terjadi karhutla, adapun respon yang telah dilakukan adalah berbagi masker, melakukan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak yaitu BPPD, pemerintahan setempat (Kades), dan Puskesmas di lokasi terdampak.

Kota Pekanbaru adalah salah satu wilayah terdampak yang telah menerima bantuan sebanyak 1000 masker, selain itu terdapat empat wilayah yang berada di Kabupaten Pelawan, yaitu Kec. Langgam sebanyak 126 orang yang telah menerima masker N95 dan 124 orang penerima layanan kesehatan dan pengobatan gratis, Kec. Pelalawan sebanyak 203 orang yang telah mendapatkan masker dan layanan kesehatan dan pengobatan gratis, Kec. Kerumutan sebanyak 376 orang yang telah mendapatkan masker dan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, dan sebanyak 2000 masker yang telah dibagikan di Kec. Pangkalan Kuras. Sebanyak 1000 masker juga telah dibagikan di Kota Dumai dan 500 masker yang telah dibagikan di Kabupaten Rokan Hilir.

Rencana respon lanjutan yang akan dilakukan oleh Human Initiative yaitu wilayah pinggiran Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kab. Kampar, dan Kab. Rokan Hilir. Langkah selanjutnya adalah Human Initiative akan terus melakukan inisiatif-inisiatif emergency response dengan mengirimkan Tim Rescue, tim medis, obat-obatan, alat bantu pernafasan, seperti oxycan; masker biasa; serta masker N95 yang memang menjadi kebutuhan utama masyarakat terdampak kabut asap saat ini.

Mari bersama Human Initiative wujudkan #solusipeduli dengan bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan melalui website www.solusipeduli.org atau melalui telepon ke nomor call center kami di 021-87780015.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7261 seconds (0.1#10.140)