Satgas Carstenz Tangkap Anggota KKB Rife Kereba Terkait Pembunuhan di Yahukimo

Senin, 19 Agustus 2024 - 09:52 WIB
loading...
Satgas Carstenz Tangkap...
Salah satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dikenal sebagai Rife Kereba (26) berhasil ditangkap Satgas Damai Cartenz. Foto/Ist
A A A
YAHUKIMO - Dalam sebuah operasi yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Carstenz, salah satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dikenal sebagai Rife Kereba (26) berhasil ditangkap. Rife Kereba, yang juga dikenal dengan nama alias Erik atau Trisna Telenggen, diketahui merupakan anak buah dari Egianus Kogoya, seorang pimpinan OPM yang terkenal di Papua.

Penangkapan ini dilakukan oleh tim gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Carstenz-2024 di Kabupaten Nduga, Papua Tengah, pada Sabtu, 17 Agustus 2024, sekitar pukul 04.30 WIT. Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Kepala Operasi Damai Carstenz-2024, dalam keterangannya pada Senin (19/8/2024), mengonfirmasi bahwa Rife Kereba adalah anggota KKB Nduga yang dipimpin oleh Egianus Kogoya, dan terlibat dalam berbagai aksi kriminal di Kabupaten Yahukimo dan Nduga.

"Tim gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Carstenz-2024 berhasil menangkap dan mengamankan DPO KKB (OPM) Nduga, Rife Kereba, alias Erik, alias Trisna Telenggen," ujar Brigjen Pol Faizal Ramadhani.



Kasatgas Humas Ops Damai Carstenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, menjelaskan bahwa penangkapan Rife Kereba didasarkan pada laporan polisi di Polres Yahukimo yang telah diterbitkan pada Oktober 2023. Dalam laporan tersebut, Rife Kereba terlibat dalam pembunuhan terhadap masyarakat pendulang emas di Kali El, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo.

"DPO KKB Nduga Rife Kereba alias Erik alias Trisna Telenggen kami tangkap berdasarkan laporan polisi yang telah terbit dan juga daftar pencarian orang (DPO)," jelas Kombes Bayu Suseno.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)