Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 5,7 SR

Rabu, 11 September 2019 - 08:49 WIB
Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 5,7 SR
Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 5,7 SR
A A A
MANADO - Wilayah kepulauan Talaud diguncang gempa tektonik, Rabu (11/9/2019). Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,7 Skala Richter (SR).

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.02 LU dan 126.74 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km arah Timur Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 56 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam kerak bumi pada lempeng laut Maluku bagian utara. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust fault ).
Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Melonguane Kabupaten Talaud III-IV MMI, Tahuna Kabupaten Sangihe II-III MMI, dan di Siau Kabupaten Sitaro II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Karena itu diingatkan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa. Ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1851 seconds (0.1#10.140)