Festival Budaya Lembah Baliem Kemas Budaya dan Tradisi Jadi Daya Tarik Wisata

Selasa, 13 Agustus 2024 - 20:21 WIB
loading...
Festival Budaya Lembah...
Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) digelar di Distrik Usilimo, Jayawijaya, Papua Pegunungan untuk menjaga dan melestarikan budaya suku-suku di Lembah Baliem. Foto/Ist
A A A
JAYAWIJAYA - Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) kembali digelar di Distrik Usilimo, Jayawijaya, Papua Pegunungan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya suku-suku di Lembah Baliem.

Lembah Baliem merupakan jantung Kabupaten Jayawijaya yang merupakan rumah bagi suku Dani, Lani, dan Yali. Setiap tahun, mereka mengadakan festival sebagai ungkapan syukur atas karunia alam.



FBLB 2024 merupakan ajang atraksi budaya yang bertujuan mempromosikan seni dan budaya yang berkembang di Wamena, Papua Pegunungan, sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Tradisi perang yang awalnya menjadi bagian dari ritual, kini menjadi daya tarik utama FBLB.

Pada puncak acara festival ditampilkan atraksi karnaval budaya nusantara sebagai wujud kecintaan terhadap negara dan peringatan HUT Kke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan optimistis FBLB tidak hanya menjadi ajang promosi destinasi wisata, seni dan budaya serta produk-produk ekonomi kreatif. Namun kedepannya harapan kita bersama bahwa akan lahir banyak lagi para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf).



"Sehingga nantinya kegiatan ini akan terus berkelanjutan dan semakin berkualitas, tentunya dengan selalu berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi, serta menetapkan semangat 3G, yakni Gercep, Geber, Gaspol,” kata Sandiaga Uno dikutip Selasa (13/8/2024).

Kegiatan yang diadakan turun-temurun ini terpilih sebagai salah satu dari agenda Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program ini mempromosikan destinasi pariwisata melalui event yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)