Masyarakat Merauke Sepakat Dukung Pembangunan Pelabuhan untuk Program Cetak Sejuta Hektar Sawah

Selasa, 13 Agustus 2024 - 12:37 WIB
loading...
Masyarakat Merauke Sepakat...
Masyarakat mendukung pembangunan pelabuhan yang direncanakan sebagai bagian dari program cetak sejuta hektar sawah di Kabupaten Merauke. Foto/Ist
A A A
MERAUKE - Setelah sebelumnya sempat menolak rencana pembangunan pelabuhan yang direncanakan sebagai bagian dari program cetak sejuta hektar sawah di Kabupaten Merauke , Papua Selatan, warga kini sepakat mendukung proyek tersebut. Keputusan ini dicapai setelah adanya dialog intensif antara masyarakat setempat dengan pengusaha Haji Isam, pemilik Jhonlin Group, yang memimpin proyek ini.

Yohanis Mahuze, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA), mengungkapkan bahwa dua isu utama yang dibahas dalam dialog tersebut adalah terkait kepemilikan tanah ulayat dan kawasan hutan. "Meskipun pelepasan hutan memerlukan persetujuan dari pihak kehutanan, yang terpenting adalah mendapatkan persetujuan dari pemilik tanah ulayat," ujar Yohanis, Senin (12/8/2024).

Mahuze menekankan pentingnya percepatan proses ini, mengingat kondisi cuaca yang dapat menghambat pembangunan. "Kami berharap Pj Gubernur Papua segera bertemu untuk mempercepat proses ini. Musim hujan akan membuat pekerjaan lebih sulit, terutama untuk memobilisasi alat berat," tambahnya.

Dalam kesepakatan yang dicapai, masyarakat setempat mendukung penuh program pemerintah, namun tetap mengedepankan hak mereka atas tanah ulayat dan pemanfaatan kayu limbah dari area pembangunan.



Untuk mendukung kelancaran program cetak sejuta hektar sawah, Jhonlin Group akan membangun pelabuhan besar yang direncanakan memiliki panjang sekitar 140 kilometer menuju arah Boven Digul. Selain itu, anak perusahaan Jhonlin Group, PT Batulicin Beton Asphalt (BBA), telah memulai pembangunan jalan di Merauke, yang akan menghubungkan empat distrik: Ilwayab, Kaptel, Ngguti, dan Muting.

Haji Isam, yang memimpin langsung proyek tersebut, telah melakukan survei dan mobilisasi alat berat untuk memastikan kelancaran pekerjaan. "Pembangunan jalan ini tidak hanya mendukung program cetak sawah sejuta hektare, tetapi juga membuka akses bagi daerah-daerah di Merauke yang masih terisolasi," ungkapnya.

Sebagai pengusaha yang dikenal dengan komitmennya, Haji Isam menegaskan bahwa tujuan utamanya adalah mewujudkan visi Presiden terpilih, Prabowo Subianto, untuk mencetak sejuta hektare sawah dalam waktu tiga tahun. "Saya berkomitmen untuk menyelesaikan tugas negara ini, tanpa memikirkan untung rugi," tegasnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)