7 Faktor Penyebab Keruntuhan Kesultanan Mataram Islam, Apa Saja?

Senin, 12 Agustus 2024 - 14:57 WIB
loading...
7 Faktor Penyebab Keruntuhan...
Keruntuhan Kesultanan Mataram Islam yang pernah dipimpin Sultan Agung dipengaruhi sejumlah faktor yang menjadi penyebab. Salah satunya adanya campur tangan Belanda. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
KERUNTUHAN Kesultanan Mataram Islam dipengaruhi sejumlah faktor yang menjadi penyebab. Salah satunya berkaitan dengan adanya campur tangan Belanda.

Kesultanan Mataram Islam adalah sebuah kerajaan bercorak Islam yang pernah muncul di Pulau Jawa. Mengulik sejarah, keberadaannya tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Ageng Pemanahan dan putranya, Danang Sutawijaya (Panembahan Senopati).



Seiring waktu, Mataram Islam terus tumbuh menjadi kerajaan besar. Mereka mengalami era kejayaan pada periode kekuasaan Sultan Agung.

Akan tetapi, masa kejayaan itu tak berlangsung lama. Setelah Sultan Agung wafat, Mataram Islam berangsur mengalami kemunduran hingga keruntuhannya.

Lalu, apa saja faktor penyebab runtuhnya Mataram Islam? Berikut ini ulasannya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, Senin (12/8/2024).

Penyebab Keruntuhan Kesultanan Mataram Islam

1. Sultan Agung Wafat


Sultan Agung membawa Mataram Islam menuju era kejayaan. Salah satu buktinya bisa dilihat dari wilayah kerajaan yang bertambah luas.

Pada sosoknya, Sultan Agung juga dikenal sangat anti kolonialisme. Saat VOC muncul, dia tak gentar untuk melawannya karena dianggap bisa membahayakan hegemoni kekuasaan Mataram Islam.



Namun, keadaan mulai berubah setelah Sultan Agung wafat. Seakan kehilangan sosok pemimpin, para penerus Sultan Agung belum memiliki kecakapan yang sama dalam memimpin kerajaan.

2. Kemunduran di Bidang Ekonomi dan Sosial


Sejak kemunculan VOC, Sultan Agung setidaknya telah menyerang Batavia sebanyak dua kali. Akan tetapi, hasilnya memang masih menemui kegagalan.

Pada satu sisi, serangan itu menjadi inspirasi bagi kerajaan lain agar berani menentang VOC. Namun, di sisi lain kegagalan penyerangan secara tidak langsung juga berdampak untuk kondisi ekonomi dan sosial kerajaan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)