Gunung Bromo Kembali Terbakar, 5 Hektare Lahan Ludes

Kamis, 08 Agustus 2024 - 14:34 WIB
loading...
Gunung Bromo Kembali...
Sekitar 5 hektare lahan di Gunung Bromo wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kembali terbakar, Kamis (8/8/2024). Foto/Jaka Samudra
A A A
PASURUAN - Sekitar 5 hektare lahan di Gunung Bromo wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kembali terbakar, Kamis (8/8/2024). Petugas gabungan dan warga tengger berjibaku memadamkan si jago merah dengan alar seadannya.

Kebakaran lahan diduga akibat faktor cuaca. Petugas Koramil dan Polsek Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berupaya memadamkan kobaran api yang menghanguskan kawasan Bukit Kingkong, Gunung Bromo, sejak Rabu (7/8/2024) malam hingga Kamis (8/8/2024) pagi.

Embusan angin yang kencang membuat si jago merah terus membakar lahan gambut dan hutan di wilayah Bukit Kingkong yang memiliki panorama indah.



Bahkan petugas sempat kewalahan menjinakan api karena menggunakan peralatan seadanya dan lokasi titik api sulit dijangkau lantaran medannya terjal.

Data kepolisian, sekitar 5 hektare tanaman dan hutan kawasan Bukit Kingkong, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ludes terbakar.

“Beruntung tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” kata Kapolsek Tosari AKP Dedy Suryo Cahyono.

Untuk sementara penyebab kebakaran lahan dan hutan gunung bromo diduga akibat faktor cuaca dan banyak ranting-ranting pohon mengering.



Petugas berhasil memadamkan api pada pukul 4.00 WIB dan aktivitas wisatawan Gunung Bromo normal kembali.

Petugas mengimbau kepada wisawatan dan warga Tengger tidak melakukan pembakaran dan membuang putung rokok sembarangan saat musim kemarau.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)