Cacat Kaki, Rubiatun Bertahan Hidup dengan Face Shield

loading...
Cacat Kaki, Rubiatun Bertahan Hidup dengan Face Shield
Aktivitas pembuatan face shield Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Pati di Desa Tlogorejo, Kecamatan Tlogowungu. Foto/Ist.
PATI - Rubiatun (38), ibu rumah tangga yang memiliki kekurangan cacat pada kakinya masih tetap survive di masa pandemi. Ia mampu membuat pelindung wajah (face shield) yang bermanfaat bagi banyak orang.

Warga Desa Tambahrejo Kecamatan Pati Kota itu tidak menyerah meski kedua kakinya tidak berfungsi normal. Untuk berjalan saja, ia harus merangkak. (Baca juga: Labu Madu Produk Petani Ponorogo Terbang Hingga ke Singapura)

Hari itu, Rubiatun datang ke Kantor Sekretariat lama Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati di Desa Tlogorejo, Kecamatan Tlogowungu, dengan sepeda motornya yang sudah dimodifikasi roda tiga. Ia hendak menyelesaikan face shield pesanan dari Pemprov Jateng. "Iya, ini membuat face shield pesanan dari Pemprov Jateng. Saya membuatnya di sini," ungkap Rubiatun, Senin (24/8/2020)

Jarak tempuh rumahnya menuju lokasi membutuhkan sekitar 10 menit. Meski kondisi fisiknya tidak normal, ia tetap bersemangat. "Tidak jauh, hanya 10 menit dari rumah ke sini," imbuhnya. (Baca juga: Saat Sopir dan Penumpang Laka Tol Cipali 'Bertemu' di Pemakaman)



Tiap harinya, ia hanya seorang ibu rumah tangga dengan suami yang bekerja sebagai penjual es keliling. Ia dikarunia seorang anak yang saat ini empat SD. "Saya hanya ibu rumah tangga, kalau suami penjual es keliling. Anak satu sekolah di SD," tutur dia.

Untuk membuat face shield, Rubiatun mengaku senang karena merasa mendapat perhatian dari pemerintah. Menurutnya, kaum disabilitas dapat berperan sebagaimana orang normal lainnya.

"Kami berharap orang-orang seperti saya mendapat tempat yang layak seperti yang lainnya. Saya senang bisa mengerjakan pesanan dari Pemprov Jateng, jadinya ada masukan buat keluarga," ungkapnya. (Baca juga: Satu Jam Gelar Razia, Petugas Jaring Ratusan Warga Tak Bermasker)



Cacat Kaki, Rubiatun Bertahan Hidup dengan Face Shield
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top