Jejak Karier Irjen Pol Whisnu Hermawan, Kapolda Sumut yang Ahli Bidang Reserse

Senin, 05 Agustus 2024 - 14:27 WIB
loading...
Jejak Karier Irjen Pol...
Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Utara pada mutasi 26 Juni 2024. Foto/Polda Sumut
A A A
MEDAN - Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Utara sejak mutasi 26 Juni 2024 lalu. Sedangkan penyambutannya sebagai Kapolda baru baru dilangsungkan pada 2 Agustus 2024 kemarin.

Penyambutan Kapolda Sumut baru ini berlangsung meriah di gerbang pintu utama Mapolda Sumut. Acara diawali dengan laporan kesatuan oleh Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana, memberikan gambaran umum tentang kondisi dan situasi terkini di wilayah hukum Sumut.

Selanjutnya, Kapolda Sumut yang baru menerima pengalungan bunga sebagai simbol sambutan hangat dari seluruh personel Polda Sumut, yang kemudian disusul dengan jajar hormat.



Penyambutan ini memang sudah jadi tradisi di lingkungan Mapolda Sumut. Harapannya ialah dapat membawa semangat baru dalam pelaksanaan tugas Kepolisian di Sumatera Utara dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Profil Whisnu Hermawan Februanto


Whisnu Hermawan Februanto adalah Perwira Tinggi (Pati) Polri yang lahir pada 16 Februari 1972 di Bandung, Jawa Barat. Kariernya di kepolisian dimulai setelah lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1994.

Tidak hanya menyelesaikan pendidikan di Akpol, Whisnu Hermawan juga menimba ilmu di PTIK dan SESPIM Polri.

Pada awal kariernya, Wisnu sempat ditugaskan sebagai Kasubdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Lalu di tahun 2011, dirinya terkena mutasi dan mendapat jabatan baru sebagai Kapolres Tulungagung Polda Jatim.



Pada tahun 2014, dirinya kembali mendapat pemindahan tugas untuk menjadi Wadirresnarkoba Polda Jabar. Dirinya juga pernah ditunjuk menjadi Kasubdit Uang Palsu Ditipideksus Bareskrim Polri tahun 2018.

Setahun berselang, dirinya dipercaya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri. Lalu di tahun 2020, ia menerima jabatan baru sebagai Kasubdit II Dittipidter Bareskrim Polri.

Masih di tahun 2020, pria asal Bandung ini sempat menduduki posisi Wadirtipideksus Bareskrim Polri. Sebelum menjadi Kapolda Sumut, ia terlebih dahulu menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri sejak 2021.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)