Hari Anak Nasional di Bandung, Otsuka Gandeng Puluhan Perusahaan Dukung Eliminasi Tuberkulosis 2030

Minggu, 04 Agustus 2024 - 14:07 WIB
loading...
Hari Anak Nasional di...
Otsuka menggandeng puluhan perusahaan untuk menandatangani komitmen penanggulangan TBC di tempat kerja. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Tuberkulosis (TBC) masih menjadi ancaman kesehatan yang serius di Jawa Barat dan sekitarnya. Menanggapi hal ini, Otsuka telah menginisiasi program "Bebas Tuberkulosis di Tempat Kerja" dan kini kembali menggandeng puluhan perusahaan untuk menandatangani komitmen penanggulangan TBC di tempat kerja.

Acara penandatanganan tersebut berlangsung pada Hari Anak Nasional dengan tema “Anak Bebas TBC, Indonesia Maju” di Gedung Sate, Bandung. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin turut hadir dalam acara ini.

Otsuka, yang memiliki filosofi “Otsuka People Creating New Products for Better Health Worldwide”, terus berkomitmen untuk mendukung target Eliminasi Tuberkulosis 2030 melalui program "Free TBC at Workplaces". Program ini bertujuan untuk membebaskan tempat kerja dari TBC dan menghilangkan stigma negatif terhadap pasien TBC.

Menurut data WHO Global TB Report 2022, sebanyak 10,6 juta orang di dunia jatuh sakit karena TBC setiap tahunnya dan menyebabkan 1,3 juta kematian. Indonesia termasuk delapan negara dengan beban kasus TBC terbesar di dunia, menempati posisi kedua setelah India dengan 1.060.000 kasus baru dan 134.000 kematian per tahun, atau setara dengan 15 kematian per jam akibat TBC.



Fakta menunjukkan bahwa cakupan penemuan kasus TBC pada usia produktif (25 - 54 tahun) di Indonesia adalah sekitar 35%, namun jika ditarik usia 15 - 60 tahun maka angkanya meningkat menjadi sekitar 70% dari total keseluruhan, memberikan kontribusi signifikan dalam penyebaran TBC di Indonesia.

Sudarmadi Widodo, Human Capital & Corporate Communications Director Otsuka Group, menyatakan bahwa Otsuka Group berhasil mengajak puluhan perusahaan untuk berkomitmen dalam program bebas TBC di tempat kerja pada Hari Anak Nasional 2024 yang berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI.

“Otsuka Group akan terus konsisten dalam membantu pemerintah Indonesia mengurangi kasus TBC dan menargetkan lebih banyak lagi perusahaan untuk bergabung bersama kami dalam mengeliminasi TBC. Dengan demikian, tercipta lingkungan kerja yang sehat dan masyarakat Indonesia bebas dari TBC,” ujar Widodo.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)