Ini 3 Titik Keberangkatan Kapal Wisata Labuan Bajo ke Taman Nasional Komodo

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 12:00 WIB
loading...
Ini 3 Titik Keberangkatan...
Kapal wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberlakukan tiket elektronik (e-Ticket) untuk pelayaran. Foto/SINDOnews
A A A
MANGGARAI BARAT - Kapal wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), secara resmi mulai memberlakukan tiket elektronik (e-Ticket) untuk pelayaran.

Para pengunjung ke Taman Nasional Komodo dan sekitarnya, yang menggunakan kapal wisata, wajib scan QR code boarding passdi terminal keberangkatan yang tersedia.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo menetapkan 3 titik lokasi sebagai terminal keberangkatan.Ketiganya adalah Pelabuhan Marina Waterfront City Labuan Bajo, Dermaga Hotel Ayana dan Dermaga Hotel Taaktana/Mariot Labuan Bajo.



Menurut data yang terekam di aplikasi Easybook.com, paling banyak para penumpang tersebut melakukan akses pelayaran wisata melalui Marina Waterfront City Labuan Bajo.

“Boardingdi tempat yang kita tahu, dimanaboardingdari Marina Waterfront City Labuan Bajo 16.824 penumpang, Hotel Ayana 683 penumpang dan Mariot 31 penumpang,” bebernya.

Risdiyanto mengakui, sistem ini memudahkan pihaknya mendapatkan data akurat jumlah penumpang kapal dan memastikan kelayakan pelayaran kapal wisata sesuai aturan berlaku demi tercegahnya kecelakaan.

“Kita sediakanboarding kityang nyaman, lalu bisa dikunci kapasitas maksimal kapal berapa, sehingga jika pesan tiket melebihi kapasitas kapal tidak bisa. Lebih mudah, lebih nyaman dan lebihsafety,” ungkapnya.

”Contohnya, sekarang kalau dilihat orang naik sekoci pakai life jacket, lalu minimalisir penipuan penumpang yang pesan kapal. Kalau pakai aplikasi, kapal sudah tersedia dan kalau penuh tidak bisa dipesan lagi,” imbuhnya.

Tata kelola penumpang yang baik, lanjutnya, juga akan mempermudah tim SAR gabungan untuk melakukan evakuasi jika terjadi kecelakaan kapal. “Karena data akurat,” pungkasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)