Pantau Karhutla di Kalteng, Kepala BNPB Singgah ke Kobar

Rabu, 07 Agustus 2019 - 10:19 WIB
Pantau Karhutla di Kalteng, Kepala BNPB Singgah ke Kobar
Pantau Karhutla di Kalteng, Kepala BNPB Singgah ke Kobar
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo singgah ke Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Kadatangan Doni Monardo untuk memantau kondisi terkini wilayah di Kalteng terkait kebakaran hutan dan lahan.

Kedatangan Doni Monardo disambut jajaran Pemkab Kobar beserta unsur Forkopimda Kobar dan beberapa SKPD terkait. Bertempat di VIP Room bandara Iskandar, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah melakukan koodinasi sekaligus melaporkan situasi terkini terkait kegiatan penanganan karhutla.

“Yang kita laporkan kepada Kepala BNPB adalah keberadaan 33 titik api (hotspot) di wilayah Kobar, dengan jumlah 40 penanganan, dengan total luasan kasus kebakaran seluas 112 ha yang saat ini telah tertangani seluas 51 ha dan sisanya telah padam,” kata Ahmadi.

Dalam kesempatan ini Ahmadi juga menyampaikan jika sesungguhnya upaya penanganan karhutla adalah pencegahan. “Upaya pencegahan adalah upaya paling mudah dibandingkan dengan pemadaman, terutama di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau,” ungkap Ahmadi.

Dalam upaya pencegahan dan penangnan karhutla, Ahmadi juga mengajak seluruh stalkeholder yang ada, baik itu pemerintah daerah, TNI / Polri, sektor swasta sekaligus masyarakat. “Dengan luasan wilayah yang dimiliki Kobar, sangat tidak mungkin apabila beban pengawasan, pencegahan dan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan hanya dilakukan oleh satu pihak tertentu saja,” lanjut Ahmadi.

Karena itu, Ahmadi berharap agar seluruh lapisan masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam menjaga lingkungan, khususnya terkait karhutla.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)