Pimpinan BAZNAS RI Tekankan Pentingnya Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan ZIS

Kamis, 01 Agustus 2024 - 17:50 WIB
loading...
Pimpinan BAZNAS RI Tekankan...
(Foto: dok Baznas)
A A A
LAMPUNG - Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional Nadratuzzaman Hosen menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana ZIS (zakat, infak, dan sedekah). Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja wilayah se-Provinsi Lampung dan Sumatra Selatan (Sumsel) di Lampung, yang berlangsung pada Rabu (31/7/2024) hingga Kamis (1/8/2024).

Nadra mengatakan, BAZNAS Lampung dan Sumsel harus secara berkala melaporkan penghimpunan dan pendistribusian ZIS melalui aplikasi SIMBA.

“Selain itu, audit eksternal harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dan evaluasi kinerja BAZNAS. Langkah ini tidak hanya memperkuat kepercayaan masyarakat, tetapi meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan zakat," ucapnya pada Kamis (1/8/2024).

Pihaknya berharap, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini dapat bermanfaat besar bagi seluruh peserta.

“Pelatihan ini harapannya seluruh pengelola BAZNAS di wilayah Lampung dan Sumsel dapat memahami dan mengimplementasikan tata kelola yang baik. Serta dapat melaporkan kinerja mereka dengan lebih transparan dan akurat,” tuturnya.

Kegiatan ini mencakup berbagai sesi pelatihan yang berfokus pada penggunaan aplikasi SIMBA untuk pelaporan ZIS, teknik-teknik audit eksternal, serta strategi peningkatan penghimpunan dan pendistribusian zakat. Para peserta juga berkesempatan untuk bertukar pengalaman mengenai tantangan dan solusi dalam mengelola dana zakat di wilayah masing-masing.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan langkah konkret BAZNAS agar pengelolaan dana ZIS transparan, akuntabel, dan tepat sasaran, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi mereka yang membutuhkan.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)