Karier Moncer Mayjen Rudi Puruwito, Pangdam Cenderawasih Pengganti Izak Pangemanan

Senin, 29 Juli 2024 - 14:53 WIB
loading...
Karier Moncer Mayjen...
Mayjen Rudi Puruwito menggantikan Mayjen Izak Pangemanan sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih. Foto/Istimewa
A A A
JAYAPURA - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali melakukan rotasi besar-besaran di jajaran TNI. Sebanyak 256 perwira tinggi (pati) dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara mengalami mutasi, rotasi, dan promosi jabatan.

Salah satu perubahan signifikan adalah di Pangdam XVII/Cenderawasih yang meliputi wilayah Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Mayjen TNI Rudi Puruwito kini menggantikan Mayjen Izak Pangemanan, yang dimutasi menjadi Wadan Kodiklat TNI. Mutasi dan promosi ini didasarkan pada Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tertanggal 24 Juli 2024.

Mayjen TNI Rudi Puruwito telah dikenal sebagai sosok perwira tinggi menonjol di kalangan publik, terutama setelah menjabat sebagai Pangdivif 1 Kostrad.



Kariernya yang gemilang di militer ditandai dengan berbagai pencapaian signifikan dan perjalanan karier yang dinamis. Sejak awal berkarier sebagai perwira muda, Rudi Puruwito sudah menunjukkan potensi luar biasa.

Jenderal bintang dua ini merupakan lulusan terbaik dari Akademi Militer (Akmil), yang memperlihatkan kemampuan akademik yang kuat dan dedikasi tinggi terhadap tugas. Hal ini memungkinkannya menapaki jenjang karier dengan cepat.

Mayjen TNI Rudi Puruwito telah mengemban berbagai penugasan strategis.



Dari komandan satuan di tingkat batalyon hingga Danrem. Pengalaman ini memberinya pemahaman mendalam tentang dinamika medan operasi, baik dalam situasi damai maupun darurat.

Sebelum menjabat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal (Mayjen) Rudi Puruwito adalah Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad. Ia lahir pada 20 Januari 1971 dan merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1994.

Beberapa posisi strategis Mayjen Rudi Puruwito:

- Komandan Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya (2011-2012)
- Komandan Secaba/Gumil Juang Rindam II/Sriwijaya
- Aspers Kasdivif 2/Kostrad
- Aspers Kasdam XVII/Cenderawasih
- Aspers Kaskostrad
- Paban V/Binkar Spersad
- Komandan Korem 101/Antasari (2022-2023)
- Wakil Aspers KSAD Bidang Binpers (2023)
- Panglima Divif 1/Kostrad (2023-2024)
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)