Jelang Pilgub Jateng, Muncul Nama Witjaksono di Bursa Cawagub

Kamis, 25 Juli 2024 - 13:58 WIB
loading...
Jelang Pilgub Jateng,...
Jelang Pilgub Jateng muncul nama pengusaha muda NU Witjaksono di Bursa Cawagub dengan elektabilitasnya menguat di survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI). Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Menjelang Pilgub Jateng 2024, muncul nama pengusaha muda NU Witjaksono di bursa calon wakil gubernur (Cawagub). Bahkan, elektabilitas pria kelahiran Pati ini menguat di survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

"Nama Witjaksono muncul sebagai calon kuat Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Tengah (Jateng). Hal ini bisa dilihat dari hasil paparan survei yang kami lakukan," ujar Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis dalam keterangannya, Kamis (25/7/2024).



Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan uji simulasi 5 nama bakal Cawagub disodorkan pada responden untuk dipilih.

Hasilnya, Witjaksono dipilih paling tinggi di angka 33,1%, lalu Kaesang Pangarep 29,4%, Sri Mulyani 10,6%, Yusuf Chudlori 7,1%, Dico Ganinduto 5,2%, dan tidak memilih 14,6%.

Kemudian, pada simulasi dengan menyodorkan 9 nama kepada para responden dan ditanyakan tokoh mana yang dipilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah jika pemilihan langsung gubernur dilaksanakan sekarang?

Maka nama Witjaksono yang merupakan Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) kembali berada di urutan teratas di angka 28,2%.

Disusul Mantan wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen 18,5%, Bupati Klaten Sri Mulyani 10,3%, Kaesang Pangarep 7,4%, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjarmoko 6,3%, Yusuf Chudlori 5,7%, Bupati Kendal Dico Ganinduto 5,2%, Bupati Banyumas Achmad Husein 3,2%, Raffi Ahmad 1,3%, dan tidak memilih 13,9%.



Sementara itu, pada simulasi 3 pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Andika Perkasa berpasangan Witjaksono unggul dengan angka keterpilihan 39,7%.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)