Pohon Berusia Ratusan Tahun Terbakar, Dahannya Timpa 10 Rumah Warga

Minggu, 21 Juli 2019 - 14:31 WIB
Pohon Berusia Ratusan Tahun Terbakar, Dahannya Timpa 10 Rumah Warga
Pohon Berusia Ratusan Tahun Terbakar, Dahannya Timpa 10 Rumah Warga
A A A
TANJUNG PINANG - Pohon besar Kayu Are berusia ratusan tahun terbakar dan menimpa 10 rumah warga di Jalan Sultan Sulaiman Kampung Tanjungunggat, RT01/RW05, Kelurahan Tanjungunggat, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang , Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (21/7/2019) siang. Rumah warga yang ditimpa mengalami rusak berat dan ringan setelah ditimpa dahan pohon.

Kejadiannya bermula saat pohon terbakar sejak subuh. Api membakar batang pohon sejak pukul 06.00 WIB menyebabkan dahan besar berjatuhan menimpa rumah warga. Kebakaran pohon ini diduga disebabkan adanya kebakaran sampah di bawah pohon. Rumah warga yang terbakar adalah milil Tatang S, Hendri, Emali, Heri, Oki, M Haji, Iyem, Kalit, Aswani dan Marzuki Syukur.

Marzuki Syukur (59), salah seorang pemilik rumah mengaku saat kejadian sedang berada di luar rumah. Dia mendapat kabar dari tetangga bahwa pohon Kayu Are di belakang rumah terbakar. Namun, sekira pukul 11.00 WIB dahan pohon yang terbakar mulai berjatuhan menimpa rumahnya.

"Pohon kayu terbakar, dahannya jatuh langsung timpa atap rumah. Rumah saya sudah hancur semua, kalau tetangga ada dapur, atap, dinding yang kena timpa," ujar Marzuki.

Dia menuturkan, pohon Kayu Are diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Akibat kejadian ini, Marzuki sementara akan tinggal di rumah anaknya. Marzuki berharap Pemkot Tanjungpinang segera memberikan bantuan untuk membangun kembali rumahnya.

"Pohonnya sudah lama, ratusan tahun lah sudah mungkin. Barang-barang belum semua yang diangkat keluar, sementara tinggal di rumah anak. Mudah-mudahan cepat ada bantuan dari Pemkot Tanjungpinang," ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Pemadam Kebakaran Pemko Tanjungpinang Hantoni mengatakan, awalnya mendapat laporan dari warga pohon kayu terbakar sekira pukul 06.00 WIB. Dia menuturkan, sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran (damkar) langsung dikerahkan memadamkan api di pohon. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

"Awalnya tujuh rumah yang kena timpa, habis itu tiga rumah lagi yang kena. Kita tadi minta warga untuk mengosongkan rumah yang terdampak pohon," ujar Hantoni.

Hantoni menyebutkan, untuk memadamkan api pihaknya menghabiskan 22 tangki air. Hingga siang apinya tak kunjung padam dan petugas harus memotong dahan pohon yang menimpa rumah warga.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)