alexametrics

Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019

loading...
Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019
Wali Kota Jambi juga akan bicara tentang program unggulan dibidang pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya yang telah menjadi role model
A+ A-
JAMBI - Wali Kota Jambi Syarif Fasha termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuan kota-kota dunia "World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019" yang berlangsung di Medellin, Kolombia.

Puncak acara yang berlangsung di Plaza Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia itu berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019.

Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha selain akan mengikuti diskusi tentang permasalahan penataan kawasan perkotaan, climate change dan isu global lainnya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan para pemimpin kota dunia lainnya.



"Wali Kota Jambi akan turut hadir dalam high-level event, dalam acara itu akan dibahas best practice tentang penataan kawasan-kawasan perkotaan, kawasan kumuh yang diubah menjadi kawasan ekowisata dan kawasan terpadu. Selain itu, Wali Kota Jambi juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan para Wali Kota dunia lainnya," terang Abu Bakar.

Menurutnya forum tersebut merupakan forum yang sangat penting dan berharga untuk mendapatkan gagasan dari para Pemimpin Kota di seluruh dunia, terkait pemahaman yang lebih baik untuk pembangunan kota yang berkelanjutan serta melakukan perencanaan dan pengembangan masalah perkotaan.

Keikutsertaan Wali Kota Jambi dalam forum itu, merupakan sebuah prestasi yang membanggakan karena kota Jambi masuk 74 kota penting di dunia dalam forum WCSMF tersebut.

"Ini sebuah prestasi yang membanggakan, karena Kota Jambi mendapat kehormatan menjadi satu dari 74 pemimpin kota dari seluruh dunia yang diundang dalam pertemuan itu. Keikutsertaan Wali Kota Jambi dalam forum itu juga akan turut meningkatkan pengaruh dan posisi kota Jambi diantara kota-kota dunia lainnya," jelas Abu Bakar.

Dalam forum itu, Wali Kota Jambi juga akan bicara tentang program unggulan dibidang pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya yang telah menjadi role model.

Menurut Abu Bakar, program Bangkit Berdaya turut menarik perhatian dunia, karena program prestisius itu telah menjadi role model dunia yang membawa kota Jambi meraih penghargaan Internasional karena sukses menggerakan partisipasi masyarakat perkotaan dalam pembangunan.

"Bangkit Berdaya, menarik untuk diangkat dalam forum dunia, karena inovasi Bangkit Berdaya itu diakui mampu menjadi solusi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan perkotaan. Program inspiratif pak Wali Kota Syarif Fasha itu juga telah mendapat pengakuan internasional yang ditandai dengan diterimanya penghargaan IOPD (International Observatory on Participatory Democracy-red) Awards Recognition, yang berlangsung di Montreal Quebec Kanada, 2017 lalu. Penghargaan itu juga sekaligus menempatkan Kota Jambi sebagai 30 besar kota terbaik dari 7000 kabupaten/kota di dunia yang memiliki inovasi sosial inspiratif, yang mengedepankan peran serta dan partisipasi komunitas masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam vlognya (video pendek-red) yang direlease ke media Jumat (11/7/2019), mengatakan kehadirannya di World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) Ke-10 di Medellin, Kolombia tersebut akan membicarakan best practice penataan kawasan-kawasan perkotaan.

"Di sini kami berdiskusi terkait bagaimana penataan kawasan-kawasan kumuh dan kawasan yang diubah menjadi kawasan ekowisata maupun kawasan yang terpadu nantinya. Nah, Kota Jambi menyampaikan kondisi kawasan kumuh yang sudah disulap melalui program Kampung Bantar, Bangkit Berdaya, maupun program Kota Kumuh yang dibantu oleh pemerintah pusat. Kegiatan ini dilaksanakan 2 tahun sekali di kota-kota dunia, dan kota Jambi tergabung sebagai salah satu kota dunia dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ini," tutur Fasha melalui vlognya yang diunggah dari Medellin, Kolombia.

Fasha juga berharap, suatu saat Kota Jambi bisa menjadi tuan rumah pertemuan kota-kota dunia tersebut. "Mudah-mudahan kedepan nanti suatu saat kota Jambi menjadi tuan rumah dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) kedepan nantinya," pungkas Fasha, mengakhiri vlognya.

Fasha juga menunjukkan foto-foto kegiatannya pada forum WCSMF 2019 itu. Dalam salah satu foto, tampak Fasha sedang berbincang dengan Wali Kota Medellin Federico GutiƩrrez.

Selain itu, Fasha juga tampak akrab bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga turut hadir dan menjadi pembicara dalam forum WCSMF tersebut. Foto-foto lainnya memperlihatkan saat Wali Kota Syarif Fasha diwawancarai sejumlah awak media di antara sesi kegaiatan tersebut. Pada foto lainnya juga tampak Wali Kota Jambi untuk mengkuti sesi foto bersama sejumlah pemimpin kota-kota dunia.

Forum WCSMF ke-10 tahun ini yang berlangsung di Kolombia, merupakan forum tahunan yang dihadiri oleh 74 pemimpin kota terpilih. Dalam acara itu ada presentasi, fokus diskusi dan tinjauan lapangan. Diharapkan kehadiran kota Jambi dalam forum dunia tersebut, dapat bermanfaat dalam menerapkan solusi penataan kawasan kota Jambi kedepan.
(alf)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak