Dear Pendaki, Ini Alasan Pendakian ke Gunung Semeru Belum Dibuka

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:00 WIB
loading...
Dear Pendaki, Ini Alasan...
Penurunan status Gunung Semeru ternyata belum berdampak pada pembukaan akses pendakian. Foto/Istimewa
A A A
LUMAJANG - Penurunan status Gunung Semeru ternyata belum berdampak pada pembukaan akses pendakian. Sebelumnya Gunung Semeru diturunkan statusnya dari level III siaga menjadi level II waspada oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Septi Eka Wardhani mengatakan, keputusan ini diambil Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) selaku pengelola kawasan. Pihaknya mempersiapkan seluruh instrumen dan sarana prasarana, sebelum dibuka pendakian.

”Tapi kita harus mempersiapkan sebelum pendakian dibuka, beberapa harus kita matangkan sebelum pembukaan semeru. Contohnya kita harus mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana, kesediaan anggaran, maupun kesiapan SDM,” ucap Septi Eka, Rabu (17/7/2024).



Septi mengatakan, jika sudah sangat lama mereka menutup jalur pendakian Gunung Semeru. Sehingga mereka harus membuat mekanisme pendakian yang baru, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pendakian.

”Karena pendakian Semeru ini sudah lama ditutup, sehingga para pendaki sudah sangat kangen naik Gunung Semeru. Jadi kita akan melakukan pembenahan sebelum Semeru dibuka. Oleh karena itu kita tidak langsung membuka saat penurunan level status Semeru,” tegasnya.

Gunung Semeru sendiri sudah ditutup sejak 30 November 2020, penutupan ini dikarenakan merebaknya Pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah menetapkan pembatasan kegiatan masyarakat, termasuk menutup berbagai objek wisata yang bersifat mengumpulkan massa.



Penutupan Gunung Bromo berlanjut pada 3 Juli 2021 karena kebijakan PPKM Darurat di Jawa dan Bali. Penutupan ini terus berlanjut meskipun Pandemi Covid-19 telah mereda, ini dikarenakan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

Sehingga PVMBG menaikkan status Gunung Semeru menjadi Level III. Hingga saat ini, Gunung Semeru belum dibuka jalur pendakiannya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)