KPK Geledah Kantor Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Semarang

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:09 WIB
loading...
KPK Geledah Kantor Pengadaan...
Petugas KPK menggeledah Kantor Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Semarang di Kompleks Balai Kota Semarang, Rabu (17/7/2024). Foto: SINDOnews/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Rabu (17/7/2024) masih melakukan serangkaian pemeriksaan dan penggeledahan di kompleks Balai Kota Semarang.

KPK menyebut kasusnya adalah dugaan tindak pidana korupsi atas pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Semarang tahun 2023 – 2024 dan dugaan pemerasan terhadap PNS atas insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah Kota Semarang.

Pantauan SINDOnews di Balai Kota Semarang, petugas KPK juga memasuki kantor Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Kantornya berlokasi di lantai 6 Gedung Moch. Ichsan. Beberapa petugas KPK berseragam tampak keluar ruangan tersebut sekira pukul 15.39 WIB.



Beberapa ASN Pemkot Semarang berseragam korpri juga tampak membersamainya. Mereka kemudian turun lift dan menuju gedung depan tempat Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) berkantor.

Pada siang hari beberapa jam sebelumnya, penyidik juga memasuki ruang tersebut untuk melakukan pemeriksaan.

Informasi yang dihimpun, KPK juga menggeledah lokasi lain di luar Balai Kota Semarang, yakni rumah dinas ataupun rumah tinggal Wali Kota Semarang di Kawasan Bukit Sari, Kota Semarang. Selain itu ada juga lokasi lain yang tak luput digeledah.

KPK juga pada keterangan persnya menyebut telah meminta pencekalan ke luar negeri kepada 2 orang dari lingkungan Pemkot Semarang dan 2 orang dari swasta terkait dugaan korupsi ini.



Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Semarang Guntur Sahat Hamonangan menyebut pencekalan seperti itu langsung dengan Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kemenkumham di Jakarta.

“Kalau cekal langsung ke direktorat (Ditjen Imigrasi),” kata Guntur via WhatsApp.

Sementara itu, hingga sore ini puluhan wartawan masih terlihat menunggu di depan Kantor Wali Kota Semarang. Beberapa petugas KPK masih berada di dalam.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)