Satgas Damai Cartenz: KKB Bakar 12 Sekolah Kurun Waktu 2023-2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:01 WIB
loading...
Satgas Damai Cartenz:...
Aksi brutal anggota KKB membakar bangunan SDN Okbab di Kampung Borban, Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAYAPURA - Satgas Damai Cartenz menyebutkan selama rentang waktu tahun 2023 hingga 2024, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah membakar 12 bangunan sekolah di beberapa Kabupaten di Papua.

Terbaru, aksi brutal KKB membakar bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Okbab di Kampung Borban, Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang. Peristiwa ini menambah daftar panjang kekerasan KKB terhadap fasilitas pendidikan di Papua.

Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan, peristiwa ini tidak hanya mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat, tapi juga merugikan sektor pendidikan untuk warga Papua sendiri.



“Sekolah adalah tempat di mana anak-anak seharusnya merasa aman dan nyaman untuk belajar, tindakan ini sangat merugikan masyarakat, terutama anak-anak yang seharusnya mendapatkan pendidikan dengan baik,” kata Bayu, Selasa (16/7/2024).

Menurut dia, KKB yang melakukan aksi pembakaran gedung sekolah tersebut diduga merupakan KKB Kodap XXXV Bintang Timur. “Ini sangat kami sayangkan, kami akan bertindak tegas dan memburu para pelakunya,” ucapnya.



Aksi pembakaran ini memperpanjang daftar aksi pembakaran gedung sekolah oleh KKB selama tahun 2023 hingga 2024. Selama dua tahun terakhir, KKB telah membakar 12 gedung sekolah, mulai dari PAUD atau taman kanak-kanak hingga SMA-SMK di Papua.

Untuk itu, pihaknya akan meningkatkan patroli dan pengawasan di daerah rawan untuk mencegah terulangnya kejadian serupa. Satgas Damai Cartenz tidak akan membiarkan tindakan keji seperti ini menghancurkan semangat belajar anak-anak Papua.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)