Hari Pertama Masuk Sekolah, Orang Tua di Indramayu Berebut Bangku untuk Anaknya

Senin, 15 Juli 2024 - 08:24 WIB
loading...
Hari Pertama Masuk Sekolah,...
Puluhan orang tua murid SDN 4 Kedokan Agung Indramayu rela datang sejak subuh demi mendapatkan kursi paling depan di kelas untuk anak-anak mereka. Foto/Toiskandar/iNewsTV
A A A
INDRAMAYU - Tradisi unik hari pertama sekolah kembali terjadi di SDN 4 Kedokan Agung, Indramayu, Jawa Barat. Puluhan orang tua murid rela datang sejak subuh demi mendapatkan kursi paling depan di kelas untuk anak-anak mereka.

Pada Senin pagi (17/7/2024), suasana di depan gerbang sekolah sudah ramai sejak pukul 4 pagi. Para orang tua dan murid antusias menunggu dibukanya gerbang sekolah. Begitu gerbang dibuka, mereka langsung berlari berebut masuk ke dalam kelas untuk mendapatkan kursi yang diinginkan.

Tradisi berebut kursi ini sudah menjadi kebiasaan di SDN 4 Kedokan Agung setiap tahun ajaran baru. Para orang tua percaya bahwa kursi paling depan di kelas akan membuat anak mereka lebih mudah menyerap pelajaran, lebih pintar, dan lebih dekat dengan guru.

"Ya, memang sudah tradisi disini. Kita percaya kalau anak duduk di depan, dia lebih fokus belajar dan lebih mudah mengerti pelajaran," ujar Mustini, salah satu orang tua murid.



Bahkan, saking ingin mendapatkan kursi depan, beberapa orang tua sampai membawa tali plastik dan gembok untuk mengikat kursi dan meja agar tidak direbut oleh orang lain.

"Saya datang jam 4 pagi tadi, terus langsung ikat kursinya pakai tali plastik. Biar gak diambil orang lain," kata orang tua murid lainnya, Usmad.

Meskipun tradisi ini sudah berlangsung lama, pihak sekolah mengaku tidak bisa melarangnya.

"Kami sudah berusaha untuk menghimbau para orang tua agar tidak berebut kursi, tapi tetap saja mereka melakukannya," ujar Kepala Sekolah SDN 4 Kedokan Agung, Usmad.

Usmad berharap agar kedepannya tradisi ini bisa diubah dengan cara yang lebih positif.

"Mungkin kita bisa mencari solusi lain agar semua murid bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar," pungkasnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)