Kisah Keturunan China Jadi Penguasa Kerajaan Islam Pertama di Jawa

Minggu, 14 Juli 2024 - 06:54 WIB
loading...
Kisah Keturunan China...
Raden Patah merupakan raja pertama Kasultanan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa usai Kerajaan Majapahit runtuh di pertengahan abad 15. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
RADEN Patah merupakan raja pertama Kesultanan Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Ia bertahta setelah Kerajaan Majapahit runtuh padapertengahan abad 15.

Beragam versi perihal asal usul Raden Patah penguasa Kerajaan Demak pertama ini pun bermunculan.



Raden Patah disebut memiliki nama lain Jin Bun. Ia merupakan salah satu pendiri Kerajaan Demak selaian para Wali Songo atau sembilan wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Menariknya ada beberapa versi dari asal usul Raden Patah, tapi ketika ditarik kesimpulan nyaris seluruhnya ada asal usul dari China.

Pada versi Purwaka Caruban Nagara misalnya, Raden Patah merupakan putra Brawijaya yang lahir dari selir Cina bernama Siu Ban Ci.

Putri dari pasangan Tan Go Hwat dan Siu Te Yo dari Gresik.



"Tan Go Hwat adalah seorang saudagar dan ulama yang bergelar Syekh Bantong. Gelar yang mengacu pada nama Sunan Bonang," demikian dikutip dari buku "13 Raja Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah Kerajaan di Tanah Jawa", Minggu (14)7/2024).

Menurut Sejarah Banten, Raden Patah sang pendiri Kesultanan Demak yang dildentikkan dengan Cu Cu atau Gan Eng Wan, yang merupakan putra (atau bawahan) Haji Gan Eng Cu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)